Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita
Tanya Dokter
Mom Kha Pooji
Berat Badan susah Naik Selamat Malam dok, saya mw share masalah tumbuh kembang putra putri saya. Putera pertama saya berusia 7tahun11bulan, namun semenjak 3 tahun terakhir Bbnya hanya berkisar 14-15 kg saja. Padahal sudah menjalani test matuk, rongent, dan tes lab dan hasilnya negatif semua alias kondisinya baik2 saja. Dan juga putri saya yang kedua baru berusia 1tahun 3bulan(15bulan) BBnya hanya 7.1kg,karena setelah sakit 3bulan dari masa MPASinya,dia susah makan selama 3 bulan. Setiap makanan yg masuk selalu dimuntahkan dan dikeluarkan dengan jari tangannya. Mohon bantuan untuk solusinya harus bagaimana saya, agar tumbuh kembang anak saya kembali normal seperti anak seusianya. Terima Kasih.
Berat Badan susah Naik oleh Mom Kha Pooji Selamat Malam dok, saya mw share masalah tumbuh kembang putra putri saya. Putera pertama saya berusia 7tahun11bulan, namun semenjak 3 tahun terakhir Bbnya hanya berkisar 14-15 kg saja. Padahal sudah menjalani test matuk, rongent, dan tes lab dan hasilnya negatif semua alias kondisinya baik2 saja. Dan juga putri saya yang kedua baru berusia 1tahun 3bulan(15bulan) BBnya hanya 7.1kg,karena setelah sakit 3bulan dari masa MPASinya,dia susah makan selama 3 bulan. Setiap makanan yg masuk selalu dimuntahkan dan dikeluarkan dengan jari tangannya. Mohon bantuan untuk solusinya harus bagaimana saya, agar tumbuh kembang anak saya kembali normal seperti anak seusianya. Terima Kasih.
Dokter Carlinda Nekawaty
Dokter Carlinda Nekawaty
Hai Mom! Dihitung secara medis, BB kedua anak Mom tergolong sangat kurang dan membutuhkan peningkatan BB yang cukup signifikan. Kondisi BB yang sulit naik bisa disebabkan oleh banyak faktor, yang paling sering adalah kurangnya asupan nutrisi yang seimbang sesuai dengan usianya. Untuk putera Mom, perlu diperhatikan aktifitas sehari-harinya, apakah ia tergolong anak yang aktif dan bagaimana kegiatan disekolahnya karena hal tsb mempengaruhi BB. Semakin anak banyak kegiatan, energy yang dibutuhkan pun semakin besar sehingga membutuhkan asupan makanan tinggi kalori lebih tinggi untuk membantu pembentukan energinya, sehingga disarankan jika anak aktif maka Mom perlu menambah porsi makanannya terutama yang mengandung tinggi kalori, protein, dan lemak. Mom bisa melakukan/mengolah makanan dengan mentega/margarin, membuat variasi makanan dari telur, daging, kacang-kacangan, memberikan produk susu seperti sufor, keju, dll serta memberikan tambahan buah-buahan seperti alpukat atau pisang untuk membantu peningkatan BB nya. Sementara untuk putri Mom, perlu diperhatikan kondisi mulut dari si kecil apakah ada gigi yang tumbuh atau gusi yang mulai bengkak karena adanya bakal gigi yang tumbuh, karena hal tsb pun berpengaruh terhadap pola makan si kecil yang susah makan. Selain itu, Mom juga perlu memperhatikan makanan yang ia sukai dan mulai mencoba membuat variasi makanan dari makanan yang ia sukai misalnya dengan membuat cetakan makanan sesuai dengan karakter yang ia sukai, dll sehingga si kecil tertarik untuk makan. Namun, jika hal tsb sudah dilakukan dan belum ada perubahan maka disarankan Mom konsultasikan dengan dokter spesialis untuk penjelasan lebih lanjut. Semoga membantu dan bermanfaat.
Login dulu ya mom di sini sebelum memberi komentar
Login/Register di sini
Komentar Terbaru
padaTrik Kompak Asuh Anak... oleh Mom Mamanya Chrisna
padaKiat Mudah Dorong Dad... oleh Mom Mamanya Chrisna
padaKiat Mudah Dorong Dad... oleh Mom Mamanya Chrisna
artikel & Tips
13 Oct 2013
Menurut B.F Skinner, pakar psikologi keperilakuan, unsur yang terpenting dalam belajar adalah adanya penguatan (reinforcement) dan hukuman (...
Selengkapnya
Lihat Semua Artikel & Tips