Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

6 Cara Memupuk Minat Baca Anak

Memupuk kecintaan anak terhadap buku bukanlah hal yang sulit. Momhanya perlu mengenalkannya pada dunia membaca lewat cara yang menyenangkan. Dengan begitu, anak sama sekali tidak merasa terbebani. Justru ia jadi punya daya semangat yang tinggi untuk mengeksplorasi aktivitas membacanya.

Featured Story

Diskusi agar Anak Lebih Berprestasi

Yuk, simak berbagai trik yang bisa Mom lakukan supaya anak Mom memiliki minat baca yang tinggi di usia emasnya kini.

  1. Pilih buku yang menarik

     

    Buku dengan tekstur dan warna yang menarik,serta gambar karakter yang disukainya,akan membuat dirinya lebih antusias untuk membuka buku tersebut, apalagi jika bukunya bisa mengeluarkan suara atau musik.

     

  2. Bacakan buku dengan cerita yang pendek

     

    Mom tidak perlu membelikan buku yang tebal atau berisi banyak tulisan untuknya, karena kemungkinan besar malah akan membuatnya bosan atau malas membaca. Buku yang simple bisa membuatnya tertarik untuk membawa buku itu kemana-mana.  

     

  3. Ceritakan dongeng pengantar tidur

     

    Kontak fisik saat Mom berada di sampingnya sambil memeluk, membelai rambutnya, dan mendongengkannya sudah tentu membuatnya nyaman. Kelekatan emosional Mom dan anak Mom pun semakin meningkat hanya dengan meluangkan waktu 10 sampai 15 menit untuk sebuah ritual pengantar tidur ini.

     

  4. Ajak anak Mom ke toko buku

     

    Arahkan ia menuju area buku-buku anak. Lalu beritahukan bahwa di sana ia boleh memilih buku-buku yang disukainya. Perhatikan buku apa saja yang cenderung ia pilih.Apakah ia tertarik karena gambar, karakter kesukaan,atau judul bukunya. Untuk lebih jelas tanyakan padanya mengapa ia memilih buku tersebut.

     

  5. Interaktif saat membacakan cerita

     

    Ajukan pertanyaan kepadanya tentang karakter, nama tempat,atau isi cerita yang Mom bacakan. Ini membantunya untuk belajar mengingat dan melatih konsentrasi. Cara bercerita yang komunikatifdapat membuatnya lebih cepat memahami isi cerita, memperlancar kemampuan verbalnya, dan berani mengemukakan pendapat.

     

  6. Buat scrapbook bersamanya

     

    Tuangkan ide-ide kreatif bersamanya dengan menyusun scrapbook di akhir pekan. Misalnya, membuat pola benda atau hewan dengan kertas berwarna-warni, sticker, manik-manik, dan sebagainya.Lalu, minta ia menempelkannya pada scrapbook dan menuliskan kalimat sederhana yang menjelaskan gambarnya. Kegiatan ini dapat melatih keterampilan dan kreativitasnya.

Ahong Liau
Paling senang kalo diajak membaca buku cerita
Mamanya Chrisna
Yuk budayakan membaca
Explore More

Toilet Training Yang Menyenangkan

Tips & Trick- 03 Feb 2016

TIPS: Bagaimana Orangtua Membantu Anak...

Tips & Trick- 14 Sep 2012

Yuk Hujani Si Kecil dengan Kasih Sayang :)

Tips & Trick- 22 Dec 2011