Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Ajari Anak Berhemat dan Menabung Sejak Dini

Siapa pun mungkin telah akrab dengan ungkapan hemat pangkal kaya. Berhemat dan menabung bisa Mom ajarkan pada anak untuk mengenalkan kemandirian, menghargai nilai uang dan lebih bijaksana dalam membelanjakan uang. Ada beberapa cara sederhana untuk mengajak anak berhemat dan menabung sejak dini, seperti berikut ini.

Featured Story

Bantu Anak untuk Mandiri Mengerjakan Tugas Sekolahnya

  1. Memberikan Tanggung Jawab Berupa Uang Saku
  2. Untuk anak yang sudah bersekolah, Mom dapat memberikannya uang saku baik harian maupun mingguan. Tidak perlu terlalu besar, tapi gunakan kesempatan ini untuk mengajarkannya tentang nilai uang dan apa yang bisa dilakukan dengan uang tersebut.

    Setelah mendapatkan uang saku, Mom dapat mengajaknya berdiskusi tentang apa yang akan dilakukannya dengan jatahnya tersebut. Jika ia ingin membelanjakannya, ingatkan untuk membeli barang-barang yang memang dibutuhkannya. Manfaatkan juga untuk mengenalkannya pada beramal pada sesama yang lebih memerlukan dan menabungkan sisa uang.

    Jangan lupa juga untuk mengenalkan batasan keuangan sehingga ia tidak bisa membelanjakan sesuatu melebihi jatahnya. Meskipun anak merengek untuk mendapatkan apa yang diinginkan, Mom harus bersikap tegas untuk menanamkan kebiasaan untuk mengatur keuangan sejak dini.

  3. Sediakan Wadah untuk Menabung
  4. Jika anak memilih untuk menyimpan seluruh uang atau sisa uang sakunya, ajarkan anak untuk menabung dengan menggunakan celengan. Bersama anak, belilah celengan dengan bentuk yang disukai, misalnya merupakan karakter kartun favoritnya.

    Ajarkan untuk menyisihkan sebagian uang untuk ditabung. Setelah celengan penuh, Mom dapat mengajak anak untuk membuka dan menghitungnya bersama. Jika perlu beli celengan yang terbuat dari tanah liat, yang harus dipecahkan untuk mengambil uang yang ada di dalamnya. Dijamin ia akan bersemangat untuk menabung.

  5. Mengenalkan Konsep Uang pada Anak
  6. Anak perlu mengenal uang sejak dini karena nantinya ia akan menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari, baik untuk berbelanja atau menabung. Untuk anak yang masih cukup kecil, Mom dapat mengajarkan konsep uang dengan metode permainan seperti role play, misalnya mengajak anak bermain jual-jualan hingga mengelompokkan uang berdasar warna maupun bentuk koin dan kertasnya.

    Mom juga dapat memperkenalkan uang dengan memberi anak saat berulang tahun atau hari raya. Dari uang tersebut, orangtua dapat mengajarkannya untuk membeli barang yang diperlukan atau menyimpannya. Berikan juga kesempatan untuk membayarkan uang parkir, makanan yang dibeli atau saat sedang mengantri di kasir, untuk memperkenalkan aktivitas jual beli.

    Dorong kemandirian anak sejak dini dengan berhemat dan menabung uang yang didapatnya. Selamat mencoba!

Yuliana Yoeli
makasih info nya
anita fajarwati
Perlu dicoba nihh...
Explore More

Menjaga Komunikasi Dad Dengan Anak...

Tips & Trick- 24 Apr 2013

Kapan Sebaiknya Orangtua Berganti Peran...

Article- 26 Feb 2014

Yuk Mari Membuat Skala Prioritas

Tips & Trick- 12 Mar 2012