Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Ajarkan Anak Gunakan Kotak P3K

Anak yang telah menginjak umur tertentu biasanya memiliki rasa ingin tahu yang cukup tinggi. Daripada usil dan sembunyi-sembunyi membuka kotak P3K, tidak ada salahnya memanfaatkan rasa penasarannya untuk mengenal obat-obatan yang ada di dalamnya dan memberikan pertolongan pertama. Hal ini juga dapat menyiapkan anak-anak pada kondisi darurat yang mungkin bisa terjadi di rumah. 

Featured Story

5 Cara Mudah Mengatasi Anak yang Susah Minum Obat

Simak beberapa hal yang bisa Mom ajarkan pada anak berikut ini.

  1. Penanganan Pertama pada Mimisan

     

    Mimisan dapat terjadi kapan dan di mana saja, tidak terkecuali di rumah. Penyebabnya pun beragam, mulai dari terbentur benda keras, suhu panas, atau terkorek oleh tangan mungilnya. Beritahukan cara untuk menangani mimisan dengan cara mudah dan cepat.

    Pertama, pencet bagian hidung yang lunak untuk mencegah darah makin banyak keluar, kemudian cari tisu supaya darahnya tidak tercecer ke mana-mana. Hindari mendongakkan kepala karena aliran darah justru dapat membuat tersedak. Jika dalam 10 menit darah masih terus mengalir dari hidung, segera bawa ke rumah sakit.

  2. Perdarahan

     

    Perdarahan yang terjadi karena luka terbuka dapat terjadi karena teriris benda tajam atau terantuk benda keras. Ajarkan untuk bergerak cepat dengan membersihkan luka menggunakan air mengalir. Lanjutkan dengan mengeringkannya dengan kain atau tisu bersih. 

    Berikan contoh pada anak bagaimana cara membalut luka dengan menggunakan perban, kain kasa, atau menutup luka dengan plester. Jangan lupa sebelumnya bubuhi dengan obat antiseptik untuk mencegah timbulnya infeksi.

  3. Luka Bakar

     

    Tersiram air panas, terkena api saat berada di dekat kompor, atau memegang benda panas seperti oven dapat menimbulkan luka bakar. Ajarkan anak untuk segera membasuh luka bakar dengan air dari kran yang mengalir. Lakukan selama 10 menit lalu berikan obat salep yang khusus ditujukan untuk mengatasi kulit terbakar. 

    Hindari menggunakan pasta gigi atau mentega yang justru akan menyebabkan infeksi. Selain itu, jangan mengompres luka bakar dengan es batu yang memicu kerusakan pada kulit.

  4. Sakit Ringan

     

    Penyakit musiman yang sering terjadi, seperti demam, batuk, maupun pilek, sebenarnya dapat ditangani sendiri di rumah. Selain menyediakan obat-obatan yang khusus ditujukan untuk meredakan gangguan penyakit, bisa juga meringankan gejala dengan cara-cara mudah. 

    Untuk menurunkan suhu tubuh saat demam misalnya, ajarkan untuk mengompres dengan air hangat. Sedangkan untuk flu, ingatkan untuk memberi banyak minuman hangat untuk melegakan tenggorokan yang meradang.

    Tidak ada salahnya mengajarkan anak tentang cara tepat menangani luka dan gangguan kesehatan, untuk berjaga-jaga mengatasi kondisi darurat yang dapat terjadi di rumah.

Bundanya Thyan
penting untuk anak belajar P3k
Lo Lie Cu
Makasih tipsnya
Explore More

Olahraga Seru Melalui Permainan...

Tips & Trick- 04 Sep 2015

Tips Menanamkan Nilai Moral Pada Anak

Tips & Trick- 08 Dec 2014

Ketika Anak Lebih Dekat dengan Teman

Article- 25 Jan 2017