Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Ajarkan Anak Menggunakan Obat dengan Aman dan Benar

Ancaman penyakit memang tidak bisa diprediksi kapan datangnya, jadi tidak ada salahnya mempersiapkan obat-obatan yang sering digunakan. Biasanya obat penghilang nyeri, antibiotik, obat untuk gangguan pencernaan, dan obat untuk luka terbuka ada di dalam lemari obat. Nah, untuk mengatasi penyakit flu, seperti batuk dan pilek pada anak, sediakan selalu OBH Combi Anak dengan rasa yang disukai dan mempercepat penyembuhannya.

Featured Story

5 Cara Mudah Mengatasi Anak yang Susah Minum Obat

Menyimpan obat-obatan di rumah dapat berisiko penyalahgunaan obat oleh anak, terutama saat sedang tidak dalam pengawasan orangtua. Agar hal ini tidak terjadi, yuk, beritahukan beberapa informasi berikut ini.

  1. Biasakan untuk Bertanya

    Terkadang kesalahan meminum obat terjadi ketika anak melakukannya sendiri, tanpa sepengetahuan orangtua. Tekankan pada anak-anak petingnya bertanya sebelum memasukkan apa pun ke dalam mulutnya. Beritahukan efek yang dapat terjadi jika terjadi kekeliruan, seperti nyeri, gangguan pencernaan, hingga gatal-gatal. Namun jangan sampai menakut-nakutinya, cukup dengan bahasa yang mudah dipahami.

  2. Dampingi Saat Meminum Obat

    Walau sudah mampu meminum obat sendiri, jangan membiarkan anak untuk mengonsumsinya tanpa pengawasan dan pendampingan orangtua. Biasanya karena ingin cepat-cepat sembuh, ia menyalahi aturan yang tercantum atau rekomendasi dari dokter. Hal ini justru dapat membuatnya mengalami overdosis yang berdampak pada penurunan kondisi tubuh, misalnya sakit kepala, mual, nyeri, hingga tubuh lemas.

    Ajak anak untuk ikut membaca syarat yang tertulis di kotak, atau mendengarkan langsung dari rekomendasi dokter. Hal ini berkaitan dengan ketentuan dosis yang harus diminum, yang disesuaikan dengan umur, berat badan, dan kondisi penyakit yang diderita.

  3. Ajarkan Cara Meminum Obat

    Ada berbagai bentuk pengobatan yang diberikan untuk menyembuhkan suatu penyakit. Bisa berbentuk kaplet, pil, sirup, hingga puyer. Meskipun sma-sama bertujuan untuk mempercepat kesembuhan, jika dikonsumsi dengan cara yang kurang tepat, hal ini akan membuat kesehatan anak lebih lama pulih atau bahkan kondisinya semakin parah.

    Berikan contoh bagaimana cara tepat untuk meminum obat. Misalnya untuk pil dan kaplet untuk meletakkannya di tengah lidah sehingga memudahkan untuk menelannya. Sedangkan untuk sirup, biasakan untuk mengocok botolnya sebelum mengonsumsinya, agar khasiatnya tetap terjaga. Ada juga obat berbentuk puyer yang diencerkan dengan air putih atau sirup pemanis, untuk mengurangi rasa pahit.

Selain pengetahuan tentang penyakit, anak pun wajib tahu cara pengobatan yang benar, agar dapat sembuh dengan cepat dan terhindar dari kondisi tubuh yang semakin parah. Yuk Mom, kenalkan sejak awal dengan bahasa yang sederhana.

Yuliana Yoeli
makasih info nya
Fitriamarieindarto Goodmorning
Nice info...
Explore More

Tips Membantu Anak Mengungkapkan Emosi

Tips & Trick- 11 Feb 2014

Tips Mencari Tempat Makan OK Ketika...

Article- 22 Jul 2013

Waspadai Efek Bahan Pembersih Kimia

Article- 24 Mar 2015