Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Anak Tampil Makin Gaya dengan Batik Khas Indonesia

Sudah sepatutnya Mom merasa bangga dengan kain batik yang menjadi salah satu budaya khas Indonesia. Selain punya motif dan warna yang cantik, ada makna yang tersirat lewat simbol-simbol yang tergambarkan di atas kain. Kini batik tidak hanya jadi pakaian wajib untuk acara formal, tapi juga bisa dikenakan saat acara kasual, termasuk untuk anak-anak.

Featured Story

Tumbuhkan Kesenangan Membaca pada Anak

Agar tetap nyaman dan terlihat semakin imut, pertimbangkan beberapa hal ini sebelum memilih busana batik untuk anak.

  1. Pilih Bahan Katun
  2. Anak-anak yang memiliki rasa ingin tahu yang cukup tinggi mudah merasa gerah dan berkeringat karena terus bergerak lincah. Agar tetap merasa nyaman dalam balutan busana batik, Mom dapat memilih pakaian yang berbahan katun. Selain mudah menyerap keringat, kain ini juga lebih ringan sehingga tidak menghambat pergerakan anak.

    Jika ingin mengajak anak ke acara formal atau semi formal seperti resepsi, boleh dipertimbangkan untuk memilih pakaian batik dengan kain yang lebih mewah. Tapi batasi pemakaiannya selama beberapa jam saja, agar anak tidak berubah rewel karena mengalami gerah.

  3. Warna-Warni Cerah
  4. Batik biasanya identik dengan warna-warna gelap, seperti cokelat atau biru tua, maupun yang netral seperti putih dan hitam. Untuk pakaian anak-anak, Mom dapat memilihkan batik yang berwarna cerah, seperti biru, pink, atau hijau. Warna-warni ini akan terasa lebih cocok menampilkan keceriaan anak-anak.

    Begitu juga dengan pemilihan motif, apabila ingin menggunakan motif tradisional perhatikan kegunaannya, misalnya hindari memakai motif slobog untuk upacara kematian yang tentunya jadi kurang pantas. Coba deh gunakan motif batik dari pesisiran yang colorful atau batik kontemporer yang beragam.

  5. Model yang Tepat
  6. Kain batik kini lebih fleksibel, terutama dalam fashion anak-anak, karena muncul dalam berbagai model yang imut. Untuk anak laki-laki, kemeja baik yang berlengan pendek atau panjang cocok digunakan untuk berbagai acara. Sedangkan untuk anak perempuan, ada beragam pilihan dress batik yang dapat dikenakan untuk membuat tampilannya semakin cantik.

    Tapi Mom wajib mengutamakan kenyamanan ketimbang mengejar penampilan anak-anak yang imut. Misalnya untuk anak yang masih kecil, tidak ada salahnya menghindari penggunaan kemeja batik dengan kerah yang kaku atau mengombinasikan batik dengan kain transparan yang tidak membuat kulitnya gatal.

    Selain bikin penampilan anak-anak semakin cantik atau ganteng, kenalkan busana batik sebagai salah satu budaya khas Indonesia yang wajib dipertahankan.

Devy Listyarini
artikek nya sangat bermanfaat
Devy Listyarini
kompak berbatik
Explore More

Cegah Flu dan Batuk Pada Anak dengan 10...

Article- 05 Oct 2016

Kegiatan Menyenangkan Untuk Anak

Article- 25 Jan 2017

Mengajarkan Anak Bersedekah

Article- 07 Aug 2013