Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Apa Saja Isi Kotak P3K?

Sudahkah rumah Mom aman bagi anak? Walaupun Mom sudah membuatnya seaman mungkin, kecelakaan-kecelakaan kecil maupun besar, masih sangat mungkin terjadi di rumah. Itulah sebabnya Mom harus selalu siap sedia melakukan P3K.

Featured Story

Rentan Luka dan Cidera, Yuk Sediakan Kotak P3K di Rumah


Apakah P3K?

P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan) adalah upaya pertolongan dan perawatan sementara terhadap korban kecelakaan/gangguan penyakit, sebelum ia mendapatkan pertolongan yang lebih sempurna dari dokter atau paramedik.


Untuk bisa memberikan upaya pertolongan ini dengan optimal, selain harus memiliki kotak P3K di rumah, Mom juga harus tahu apa yang harus dilakukan untuk jenis-jenis kecelakaan/gangguan penyakit tertentu dan bagaimana cara menggunakan alat-alat P3K yang ada.


Kenali cara penanganan P3K

Banyak kecelakaan/gangguan penyakit yang bisa terjadi di rumah. Kecelakaan yang terjadi umumnya merupakan kecelakaan-kecelakaan ringan dengan luka minor. Luka-luka/ gangguan-gangguan penyakit itu, antara lain:

  1. Luka bakar ringan
  2. Luka tergores
  3. Luka terpotong
  4. Luka tersengat
  5. Luka terkena serpihan (kaca)
  6. Keseleo
  7. Panas tinggi
  8. Kejang


Pastikan Mom memiliki catatan atau menguasai cara-cara mengatasi masing-masing kecelakaan tersebut di atas, juga cara menggunakan setiap alat di dalam kotak/tas P3K. Mom juga perlu mengetahui cara tepat meminumkan obat-obatan dan dosisnya. Latihkan juga hal ini kepada anggota keluarga yang lain. Tidak tertutup kemungkinan, suatu saat mungkin Mom yang membutuhkan pertolongan, bukan?


Pertolongan pertama yang dilakukan tentu harus tepat dan benar. Misalnya, walaupun mungkin kelihatannya sepele, tindakan P3K sangat penting dalam proses penyembuhan luka. Tindakan yang salah bisa mengakibatkan luka minor berkembang menjadi luka yang lebih parah. Misalnya saja, tindakan mengoleskan odol atau mentega pada luka bakar minor, karena cara ini merupakan cara yang sudah sering Mom dengar. Namun bias saja tindakan ini justru menyulitkan dokter saat ingin memberikan pengobatan lebih lanjut. Jadi sebaiknya Mom mengikuti petunjuk penanganan P3K dari sumber yang dapat dipercaya.


Siapkan kotak P3K

Bila saat ini Mom belum memiliki kotak P3K, inilah saatnya untuk menyiapkan kotak P3K demi keamanan keluarga Mom.


Apa saja isi dari kotak/tas P3K sangat tergantung pada kemampuan Mom dalam menangani kecelakaan-kecelakaan yang mungkin terjadi dan juga jarak rumah tinggal Mom dari sarana kesehatan profesional, seperti klinik ataur umah sakit.


Secara umum, sebuah kotak P3K berisi:

  1. Obat merah
  2. Obat-obatan pribadi 
  3. Sarung tangan lateks 
  4. Gunting kecil Pinset 
  5. Cairan antiseptik 
  6. Plesterrol 
  7. Plester luka siap pakai 
  8. Kassa steril 
  9. Perban gulung  

Sekarang di apotek atau toko-toko obat banyak tersedia kotak/tas P3K siap pakai, namun Mom juga bisa membuat sendiri kotak/tas P3K. Misalnya, dengan memanfaatkan kantong kain atau plastik sandwich. Pastikan bahwa Mom menyimpan alat-alat untuk merawat luka, terpisah dari obat-obatan untuk diminum. Dan, setiap 6 bulan sekali periksa kotak/tas P3K. Buang obat-obatan yang sudah kadaluarsa.

Fitriamarieindarto Goodmorning
Wah bagus nih artikelnya
Susi Erna Wati
Setuju mom, p3k itu sangat penting
Explore More

Etika Kakak Kepada Adiknya dan Sebaliknya

Article- 09 Jan 2015

Variasi Sandwich Untuk Bekal Sekolah

Article- 31 Mar 2017

Anak Cengeng? Apakah Dia Sudah Cukup...

Article- 17 Sep 2014