Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Asiknya Merawat Binatang Peliharaan!

Memiliki hewan peliharaan di rumah seakan sudah menjadi teman bermain bagi anak-anak. Selain menyenangkan, mempunyai kedekatan dengan binatang dapat menumbuhkan rasa cinta pada lingkungan. Mom pun juga mulai bisa menanamkan pentingnya rasa tanggung jawab dengan mengajaknya merawat binatang kesayangan.

Featured Story

Mengenalkan Kembali Permainan Tradisional kepada Anak

  1. Memberikan Makan

    Libatkan anak untuk ikut memperhatikan kesehatan binatang peliharaan. Salah satu cara mudahnya adalah dengan memintanya bertanggungjawab memberikan makanan. Awali dengan mengenalkan makanan apa saja yang boleh dikonsumsi oleh binatang kesayangan. Beri tahu juga manfaat yang didapat dari porsi makanan yang tepat, misalnya tidak mudah sakit, dapat diajak bermain sepanjang hari serta penampilannya yang jadi lucu menggemaskan.

  2. Membersihkan Kandang

    Salah satu tantangan yang didapat saat memelihara binatang di rumah adalah membersihkan kandangnya. Jika anak dianggap terlalu kecil, ajak ia untuk membantu Mom mengganti alas tidur atau menyiapkan alat-alat dan bahan pembersih.

    Apabila ia sudah cukup besar, berikan pekerjaan yang sesuai dengan kemampuannya, misalnya menyemprot kandang dengan air dan menatanya kembali dengan rapi. Jangan biarkan rasa jijik atau takut kotor menghalanginya untuk belajar bertanggungjawab dan mengatasi hambatan.

  3. Menjaga Kebersihan Tubuh Binatang

    Selain kandang, tubuh binatang peliharaan pun wajib mendapatkan perhatian ekstra. Tidak hanya untuk menjaga kesehatannya, tapi juga menjauhkannya dari kotoran dan bau. Untuk hewan-hewan yang berbulu seperti anjing, kucing maupun hamster, ajak anak untuk ikut memandikannya, menyisir atau memberikan bedak agar terjauh dari bulu kusut, rontok dan berbau. Anak happy, hewan peliharaan wangi, Mom juga ikutan bangga.

  4. Bermain dengan Tepat

    Dampingi anak saat bermain-main dengan hewan peliharaan untuk menjaganya tetap aman dari risiko dicakar atau digigit. Ajarkan cara menyentuh binatang dengan lembut dan benar, misalnya dengan tidak menyentuh mata, lubang hidung, telinga, mulut bagian dalam dan organ genitalnya. Apalagi jika binatang peliharaan berukuran mini, jaga agar hewan tidak sampai terinjak atau diremas karena rasa gemas yang dimiliki anak-anak.

    Jangan lupa juga untuk memberi tahu anak untuk tidak mengganggu hewan yang sedang melakukan kegiatan alaminya, seperti makan dan tidur. Bagaimanapun, binatang-binatang ini memiliki insting untuk menyerang atau mempertahankan diri, sehingga jangan sampai melukai anak-anak.

Tidak perlu memaksa anak untuk langsung terlibat merawat binatang peliharaan. Berikan contoh dan kesempatan, sehingga lama-lama ia akan memahami tugasnya dalam memelihara binatang kesayangan di rumah.

Fitriamarieindarto Goodmorning
Nice artikel
Yuliana Yoeli
makasih info nya
Explore More

Mari menabung sejak dini

Article- 12 Mar 2012

Menumbuhkan Nilai Ketegasan Pada Anak

Article- 25 Nov 2014

Bagaimana Berkomunikasi Dengan Anak

Tips & Trick- 26 Feb 2014