Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Asupan Alami Ini Efektif Menaikkan Trombosit Anak

Menurunnya jumlah trombosit (keping darah) dapat menyebabkan kekebalan tubuh melemah. Dampaknya, tentu saja akan membuat tubuh menjadi rentan terhadap penyakit. Apalagi di saat transisi musim, baik dari musim kemarau ke penghujan maupun sebaliknya. Di masa itulah kondisi tubuh kerap tak stabil dan sangat memungkinkan terserang berbagai virus penyakit, terutama pada anak-anak.

Featured Story

Jangan Sembarangan Berikan Antibiotik Sebagai Obat Demam pada Anak

 

Maka, bila anak Mom sedang mengalami demam berdarah atau penyakit lain yang menyebabkan produksi trombosit menurun, sangat penting bagi Mom & Dad untuk mengetahui asupan makanan apa yang dapat mempercepat proses penyembuhannya. 

 

Berikut ini adalah makanan alami yang dapat meningkatkan trombosit anak Mom.

 

1. Delima

Bila dikonsumsi secara teratur, buah delima dapat membantu menstabilkan kadar trombosit. Warna merah merupakan bukti adanya kandungan vitamin dan zat besi yang tinggi. Mom & Dad bisa memberikan kepada anak Mom baik langsung dalam bentuk buah maupun dijus.

 

2. Vitamin A 

Vitamin A sangat penting untuk memproduksi keping darah. Beberapa makanan yang kaya vitamin A antara lain wortel, labu, dan ubi jalar. Nutrisi pada wortel bahkan juga baik untuk pembentukan protein dalam tubuh. Protein dari bahan alami akan membantu proses pembelahan dan pertumbuhan sel, sehingga ampuh mempertahankan kekebalan tubuh. 

 

3. Vitamin K

Vitamin K juga mampu mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan, sebab dapat menguatkan otot dan jaringan tubuh, serta menurunkan kalori. Selain itu, vitamin K juga menjadi bahan yang diperlukan untuk menggantikan jumlah keping darah yang hilang di dalam tubuh. Sumber vitamin K dapat ditemui pada bayam, basil, kubis, brokoli, kismis, dan blueberry.

 

4. Pepaya

Pepaya merupakan salah satu buah terbaik yang bisa meningkatkan jumlah keping darah. Selain buahnya, mengonsumsi daun pepaya yang direbus juga dapat meningkatkan kadar trombosit secara alami.

 

5. Jambu merah

Buah dengan kandungan vitamin C yang tinggi ini sangat baik untuk mempertahankan daya tahan dan kebugaran tubuh

 

6. Gandum utuh

Kandungan serat, nutrisi, vitamin, dan mineral pada gandum utuh efektif untuk meningkatkan jumlah keping darah dalam tubuh. Mengonsumsi gandum utuh juga disarankan untuk menjaga asupan karbohidrat yang dibutuhkan tubuh saat anak Mom sakit.

Stefani Arman
wajib disimpan jikalau tiba2 perlu :)
Mumut Fortuna
referensi yang sangat berguna nih
Explore More

Menghadapi Anak yang Malas Belajar

Tips & Trick- 06 Jan 2017

Anak Mulai Menyukai Lawan Jenis? Ini Cara...

Article- 24 Jan 2017

Optimalkan Kecerdasan Anak Melalui...

Article- 31 Oct 2016