Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Asupan Nutrisi di Musim Penghujan

Penelitian telah membuktikan bahwa susu kedelai mengandung karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin, dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Manfaat yang diberikan susu kedelai pada anak-anak, di antaranya membantu melancarkan metabolisme, perbaikan sel-sel yang rusak, menjadikan sumber energi, dan menjaga sistem imunitas. Hal ini berhubungan dengan kandungan flavonoids (sejenis pigmen yang berasal dari zat hijau daun) di dalam susu kedelai yang terbentuk dari asam amino dan vitamin sehingga dapat mencegah kuman penyakit yang mewabah di musim hujan

Featured Story

Berbagi Tugas Rumah Tangga

‘Kedatangan’ hujan sangat disukai oleh kebanyakan anak-anak karena di musim hujan saatnya anak bermain air dan becek-becekan. Namun tidak dengan Mom and Dad. Mom biasanya gelisah, sebab musim hujan sering kali memicu beberapa penyakit pada si kecil. Kondisi anak yang rentan terkena penyakit salah satunya disebabkan suhu dingin dan infeksi mikroorganisme yang dapat melemahkan imunitas anak.

 

Penyakit yang umum dialami anak-anak di musim hujan adalah demam dan flu. Sebaiknya Mom tidak menganggap sepele karena demam dapat menjadi tanda adanya infeksi yang serius apabila tidak mendapat penanganan yang tepat.

 

Agar Mom and Dad tidak khawatir dengan kesehatan si buah hati di musim hujan, berikut nutrisi yang tepat untuknya ketika musim hujan tiba:

 

1. Susu Kedelai

 

 

2. Daging yang Berwarna Merah

Daging berwarna merah memiliki kandungan zinc (seng) yang sangat baik dalam menjaga imunitas tubuh. Selain itu, zat seng juga membantu pertumbuhan dan perkembangan tubuh anak, menjaga kesehatan mata, dan meningkatkan intelegensia. Meskipun seng sudah terdapat di dalam suplemen, akan tetapi beberapa jenis makanan alami, seperti daging merah, telur, ikan dan produk hewani lebih disarankan pada anak-anak

 

3. Madu

Madu mengandung protein yang dapat berfungsi dalam membangun imunitas dan menjaga stamina tubuh anak. Penelitian yang pernah dilakukan oleh Departement of Biological Sciences, University of Waikoto, di Hamilton, Selandia Baru, menyebutkan bahwa zat antibiotik yang terdapat di dalam madu mampu melawan serangan berbagai penyakit yang muncul pada musim hujan. Penyakit-penyakit yang sering kali mengancam, misalnya gangguan lambung, demam, batuk, dan infeksi saluran pernapasan akut

 

4. Minyak Ikan

Menambahkan minyak ikan pada menu makan anak dapat meningkatkan sistem kekebalan pada tubuhnya. Kandungan gizi terpenting, yakni asam lemak omega 3 dapat memperkuat daya tahan tubuh sehingga anak dapat terhindar dari serangan berbagai penyakit yang bermunculan di musim hujan.

 

5. Jeruk

Kandungan vitamin C dalam buah jeruk sudah tidak asing lagi bagi banyak orang. Pemenuhan vitamin C yang cukup untuk anak akan sangat membantu menjaga kesehatannya. Selain jeruk, anak-anak dianjurkan mengonsumsi buah dan sayuran lain yang kaya akan vitamin C. Dengan demikian, si kecil tetap bisa ceria karena kesehatannya tidak terganggu meski hujan terus mengguyur dalam waktu yang cukup lama.

Winda Ruwinda Ningsih
sayur
Yuliana Yoeli
makasih info nya
Explore More

Belajar Menghormati Orang Lain

Article- 16 Feb 2016

Mengajarkan Anak Beres-beres, Kenapa...

Article- 30 Sep 2013

Pentingnya Memberikan Apresiasi Kepada...

Article- 02 Sep 2014