Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Bagaimana Membantu Anak Usia Sekolah Dasar Belajar Dengan Metode Mind Mapping

Pada dasarnya ketika anak belajar menggunakan gambar, simbol serta hal yang berwarna, anak lebih mudah untuk mengerti dan mengingat informasi tersebut. Ketiga hal tersebut juga mampu mengembangkan daya imajinasi anak terhadap subjek yang sedang ia pelajari ditambah dengan melihat dan praktek langsung. Salah satu metode belajar yang dinilai mampu membantu anak belajar secara optimal dan menggunakan gambar, simbol serta permainan warna adalah mind mapping.

Featured Story

Asupan Alami Ini Efektif Menaikkan Trombosit Anak

 

Metode Mind Mapping (pemetaan pemikiran) ditemukan oleh Tony Buzan seorang penulis psikologi dan konsultan pendidikan yang lahir di London pada tahun 1942. Dalam buku "The ultimate book of Mind Map", Tony mengemukakan bagaimana kita dapat memanfaatkan otak untuk berpikir secara sistematis, sederhana dan menggabungkan kemampuan otak kiri serta kanan secara kesinambungan. Metode ini cukup dianggap efektif oleh orang dari berbagai usia serta untuk mempermudah proses berpikir dalam pendidikan serta bisnis.

 

Pada artikel sebelumnya, IbudanAku membahas metode mind map untuk Meningkatkan konsentrasi belajar anak (http://bit.ly/1dPpuGz). Kali ini artikel kami akan membahas bagaimana mind mapping dapat membantu anak usia 5 hingga 15 tahun dalam belajar. 

 

Metode mind mapping telah dikenal oleh para professional dunia pendidikan untuk membantu guru dalam menjelaskan sebuah konsep materi kepada muridnya, brainstorming, membuat outline tulisan serta membuat storyboard. Dengan metode mind map, murid lebih mudah mengorganisasi ide mereka serta mengerti konsep subjek pelajaran secara lebih baik. Terutama metode ini sangat membantu proses berpikir bagi anak yang berpikir secara visual. Jika mom ingin mendalami atau menggali informasi lebih dalam mengenai cara aplikasi metode mind map agar lebih mudah mengajari anak, mom dapat mengikuti pelatihan yang diadakan oleh berbagai lembaga seperti :

*Mind Map Club Indonesia (http://mindmapclubindonesia.blogspot.com)

* Super Map Learning Centre ( http://www.geniusmap.com)

 

Alternatif lainnya mom dapat mempelajari buku karangan Tony buzan yang ditujukan untuk anak-anak, seperti:

 

1. Buku Pintar Mind Maps untuk Anak: Agar Anak Lulus Ujian dengan Nilai Bagus  

oleh: Tony Buzan

 

Penerbit :     Gramedia Pustaka Utama

Edisi :     Soft Cover

ISBN :     979223652X

ISBN-13 :     978979223652

 Halaman :     144

Ukuran :     210x280x0 mm

 

Sinopsis Buku:

Ujian adalah momen yang menegangkan bagi anak. Namun dengan teknik-teknik Mind Map yang ada di buku ini, anak mampu meningkatkan konsentrasi dalam menghapal, mengingat fakta serta angka dengan mudah serta mengulas pelajaran dengan gembira.

 

 

2. Buku Pintar Mind Map Untuk Anak:  Agar Anak Jadi Pintar di Sekolah

oleh: Tony Buzan

 

Penerbit :     Gramedia Pustaka Utama

Edisi :     Soft Cover

ISBN :     9792226095

ISBN-13 :     9789792226096

Tanggal Penerbitan :     2007-01-00

Bahasa :     Indonesia

Halaman :     144

Ukuran :     210x280x0 mm

 

Sinopsis Buku:

Semua anak itu pintar! Dalam buku ini, Tony Buzan menceritakan bagaimana anak bisa meraih keberhasilan di sekolah. Mulai dari kemudahan memahami berbagai mata pelajaran, mengarang cerita, memahami sebuah konsep berpikir dengan catatan yang dia mudah pahami, berkonsentrasi dan fokus dalam waktu yang lebih lama serta berpikir prqktis hingga menghemqt waktu dalam mengerjakan PR ataupun tugas di sekolah. Bahkan ankpun juga lebih terampil dalam hal -hal diluar pelajaran seperti mengatur tata ruang kamar tidurnya, merencanakan serta mengatur pesta ulang tahunnya.

 

3. Brain Child: Cara Pintar Membuat Anak Jadi Pintar  

oleh: Tony Buzan

 

Penerbit :     Gramedia Pustaka Utama

Edisi :     Soft Cover

ISBN :     9792214631

ISBN-13 :     9789792214635

Tanggal Penerbitan :     2005-08-00

Bahasa :     Indonesia

Halaman :     352

Ukuran :     150x230x0 mm

 

Sinopsis Buku:

Tahukah mom bahwa jumlah sel otak anak saat dilahirkan mencapai 166 kali lipat jumlah seluruh manusia yang saat ini tinggal di planet kita? Namun kemampuan tersebut harus diasah serta dirangsang agar bisa digunakan secara maksimal. Buku ini bisa menjadi petunjuk bagi mom dan dad untuk membimbing anak agar mereka mampu memanfaatkan setiap sel otaknya secara optimal. Di dalam buku ini terdapat cara-cara untuk: menggali potensi otak anak, membina pribadi anak agar menjadi pribadi yang bahagia dan percaya diri serta melatih kecerdasan anak dengan berbagai permainan memori, keterampilan berhitung, dan Mind Map berwarna. Melalui buku ini Tony Buzan mengajak Mom menempuh sebuah perjalanan mengasyikkan untuk menyusuri seluk-beluk otak anak dan memunculkan sisi kepintaran anak yang terpendam.

Khadiroh Sulaiman
aku sdh menerapkan metode mind map, setiap mendampingi anak dalam belajar dan hasilnya bagus anak jadi gak bosen belajar
Puji Suprihatin
boleh dicoba ni..tx infonya mom...
Explore More

Memilih Obat Batuk untuk Anak dengan Tepat

Article- 06 Sep 2017

Mengapa Anak Merengek?

Article- 25 Mar 2014

Yuk Libatkan Si Kecil Dalam Bersih-Bersih...

Article- 23 Nov 2017