Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Bekal Sekolah Praktis dan Sehat

 

Featured Story

Benar Salah Dalam Memberi Hadiah

Bekal adalah bawaan wajib bagi anak usia sekolah. Karena fisiknya yang aktif, biasanya anak-anak cepat lapar dan butuh asupan makanan setiap 2-3 jam sekali. Yuk Mom, siapkan bekal yang sehat dan praktis untuk dibawa anak ke sekolah.

 

 

 

Camilan Sehat 

 

Setelah sarapan di rumah, anak butuh makanan selingan untuk jam istirahat pertamanya. Daripada jajan di sekolah, lebih baik bekali anak dengan camilan seperti berikut:

 

1. Buah segar, seperti melon, pepaya, mangga, pisang, nanas, apel, dan sebagainya. Masukkan ke dalam wadah kedap udara agar kesegaran buah tetap terjaga hingga saat disantap.

 

2. Kue basah, misalnya kroket, pastel, risol, atau lemper. Mom bisa membuatnya sendiri atau membelinya dari toko kue langganan. 

 

3. Cookies (kue kering atau biskuit). Sebagai pelengkap, tambahkan susu cair dalam kotak. 

 

4. Jus buah atau smoothie buatan sendiri. Campur 2-3 macam buah yang rasanya manis dan 1 jenis sayuran. Rasanya yang segar pasti disukai anak. Walaupun bentuknya minuman, tapi mengenyangkan, lho!

 

5. Kacang-kacangan dan biji-bijian. Bentuknya bisa berupa campuran aneka kacang panggang, energy bar, atau roti tawar gandum yang dilapisi selai kacang.

 

 

 

Makan Siang yang Variatif

 

Sekolah masa kini biasanya sudah menyediakan fasilitas katering untuk makan siang anak. Namun bila di sekolah anak Mom belum tersedia, siapkan saja bekal makan siang yang praktis namun dengan komposisi gizi yang seimbang.

 

1. Roti Isi

 

Jangan hanya diberi olesan selai, karena bisa jadi tidak dapat menutupi rasa lapar anak. Mom bisa mengisinya dengan tuna suwir, irisan telur rebus, atau irisan daging dada ayam kukus. Tambahkan lembaran daun selada, irisan tomat, dan keju lembaran. 

 

2. Bento

 

Agar lebih menarik, bentuk nasinya menggunakan cetakan berbentuk lucu. Variasikan asupan karbohidratnya dengan jagung rebus, singkong goreng, atau kentang tumbuk. Tambahkan aneka sayuran kukus/tumis dan protein, seperti nugget tahu atau tempe, fillet ayam, fillet ikan, udang, ayam goreng tepung , atau bola-bola daging.

Lilies Angreyani
bener banget, bawa bekal dari rumah lebih sehat. saya membuatnya sendiri dengan berbagai macam bentuk sehingga kakak tidak bosan
Sri Utami Saroh
boleh nih tips dan sarannya, dari pada jajan sembarangan di luar, lebih baik dipersiapkan bekal dari rumah
Explore More

Agar Anak Tidak Ragu Curhat pada Mom

Article- 31 Mar 2017

Bekal Sekolah Praktis dan Sehat

Tips & Trick- 05 Aug 2015

Permainan Bayang tangan Menstimulasi...

Article- 01 Jul 2014