Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Belajar CALISTUNG dengan Gadget

Teringat dengan sebuah celetukan anak perempuan berumur 4 tahun kepada ibunya di sebuah restoran “bunda, kok sama sih seperti ayah. Kalo ayah, chatting di bb sambil nonton tv, kalo bunda chatting di bb sambil makan siang” dan sang ibu pun tersenyum lalu meletakkan bb nya. Jika mom mempunyai balita yang punya rasa ingin tahu besar terhadap gadget, coba deh mom arahkan gadget menjadi sarana Calistung (Baca, Tulis dan Berhitung). Misalnya :

-    Belajar membaca
o    Fitur Chatting untuk ngobrol dengan ayah / tante / kakak sepupu. Mulai saja dari kalimat – kalimat sederhana seperti “hi ..ini Syira”. Walau si kecil akan banyak bertanya mengenai ejaan, ladeni saja Mom.
o    Semakin dia percaya diri, rasa ingin tahu untuk mengobrol mendorong dia untuk mencoba mengetik sendiri kata yang dia ingin. Walau terjadi salah eja, mom bisa mengoreksinya dengan lembut atau sembari bercanda dan hargailah usaha si kecil.
-    Belajar berhitung dan mengenali angka
o    Cari aplikasi yang mendidik, seperti belajar berhitung . Jika Mom mencari di application world / play market / application store  dengan kata kunci “number for kids / math for kids” akan keluar berbagai aplikasi seputar pelajaran berhitung yang menarik dengan gambar serta warna warni menarik.
-    Belajar Menulis
o    JIka si kecil mulai senang berekpresi dengan kata – kata, Mom bisa manfaatkan aplikasi note / memo
o    Sambil menekan tuts di telepon, secara tidak langsung dia belajar mengenai huruf.
-    Belajar Seni musik atau Topik pelajaran
o    Video streaming bisa Mom manfaatkan untuk melihat video yang sehubungan dengan topik pelajaran di sekolah. Misalnya Ilmu Pengetahuan Alam , terdapat video tentang rain forest atau mekanisme hujan
o    Mempelajari lagu tradisional Indonesia serta lirik nya

Yang perlu Mom perhatikan adalah berusahalah untuk mendampingi buah hati mom setiap dia memegang gadget. Agar mom tetap bisa membatasi informasi yang baik untuk si kecil. Selamat menikmati dunia baru berdua si kecil mom

 

 

Mia Triana
oke mom tipsnya...biasnya jg begitu ngajari si kecil
Uuk Ukaesih
sudah saya lakukan..hasilnya alhamdulilah
Explore More

Musik dan Emosi Anak

Article- 25 Mar 2014

Atasi Rasa Sungkan Saat Bicarakan...

Article- 24 Jan 2017

"Sabar, ya, Nak!"

Tips & Trick- 07 Oct 2015