Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Belajar Mandiri Saat Belanja

Salah satu kegiatan yang sering dilakukan orangtua bersama anak adalah berbelanja. Walau terlihat sederhana, tapi ada banyak manfaat yang bisa dipetik dari kegiatan rutin ini, salah satunya melatih kemandirian. Nah, untuk mencapai tujuan tersebut dan mencegah anak bosan saat menemani Mom shopping, ada tips dan trik yang bisa dicoba.

Featured Story

Mendukung Bakat yang Dimiliki Anak

  1. Membuat Daftar Belanja untuk Anak
  2. Biarkan anak-anak yang berbelanja untuk Mom, tentunya tanpa melepas pendampingan dan pengawasan, terutama untuk yang masih cukup kecil. Buatkan daftar belanja yang sesuai dengan usia maupun kemampuannya. Selain melatih kemandirian, cara ini dapat membuat mereka terhibur selama berada di toko atau supermarket, sekaligus membantu mengingat agar tidak ada barang yang terlupa.

    Untuk yang belum bisa membaca, Mom dapat menggunting gambar dari selebaran, seperti kotak susu, apel, pisang atau roti, lalu minta anak untuk mengambilkan barang-barang yang ada di daftar. Bisa juga melengkapi gambar tersebut dengan nama barang, untuk melatih anak membaca.

  3. Mengajari Anak Cara Berhitung
  4. Buat anak-anak, kegiatan berbelanja bisa berubah menjadi kegiatan yang membosankan. Mereka terjebak dalam keranjang belanja dan tidak dapat banyak bergerak. Hampir tidak ada yang bisa dilakukan dan dikelilingi makanan yang tidak boleh dimakan, sebelum melewati meja kasir. Tidak heran jika setelah beberapa lama, anak-anak mulai merasa bosan dan rewel.

    Untuk mengatasi hal ini, solusinya cukup sederhana yaitu dengan melibatkan anak-anak dan membuat rutinitas belanja terasa menyenangkan. Salah satunya dengan mengajari anak cara berhitung, misalnya menghitung buah yang dimasukkan ke dalam kantung plastik atau menjumlahkan barang yang ada di kereta belanja. Untuk anak yang lebih besar, Mom dapat memintanya untuk membandingkan harga untuk melihat mana yang lebih murah, hingga menghitung total uang yang harus dibayarkan.

  5. Mengenal Macam-Macam Produk Makanan
  6. Ajak anak untuk mengenali berbagai macam produk yang dijual di toko atau supermarket. Mom bisa menanyakan apakah apel termasuk buah atau sayur, dari mana asal keju, hingga menu apa saja yang disajikan dengan menggunakan roti. Untuk anak yang masih cukup kecil, hibur mereka dengan bermain nama-nama buah atau minta menyebutkan warna dari buah yang Mom pegang.

    Jika anak-anak termasuk picky eater, dorong mereka untuk memilih makanan sehatnya sendiri, seperti jenis buah yang akan dibeli atau bentuk keju yang disukainya. Biasanya, produk-produk makanan yang mendapat persetujuan, anak akan cenderung melahapnya dengan senang hati.

    Bikin kegiatan berbelanja terasa menyenangkan dan memberi banyak manfaat untuk tumbuh kembang anak, dengan tips dan trik ini. Selamat mencoba, Mom!

Yuliana Yoeli
makasih info nya
anita fajarwati
Belanja bersama sikecil itu menyenangkan loh...
Explore More

Kreativitas Meningkat Dengan Belajar Piano

Article- 21 Jul 2014

Apa Cita-citamu, Nak?

Article- 06 Jan 2017

Resolusi Sehat untuk Sang Buah Hati

Article- 16 Dec 2015