Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Belajar Sains Seru dan Asyik Tidak Harus di Sekolah

Anak-anak terlahir sebagai ilmuwan alami. Tidak percaya? Mom harus berhadapan dengan berbagai pertanyaan dan tingginya rasa ingin tahu, salah satunya tentang sains. Tidak harus mengandalkan guru-guru si sekolah untuk mengajarkan ilmu pengetahuan alam ini. Yuk, isi waktu bersama anak untuk melakukan beberapa aktivitas yang seru dan edukatif ini.

Featured Story

Tumbuhkan Kesenangan Membaca pada Anak

  1. Percobaan Sains Sederhana di Rumah

    Tidak perlu jauh-jauh, Mom dapat mengadakan percobaan sains sederhana dengan menggunakan peralatan yang tersedia di rumah. Untuk materinya, pilih yang sederhana dan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. 

    Misalnya membuat es krim dengan bantuan es dan garam, atau meletakkan bunga di vas berair warna-warni yang nantinya akan memberikan warna pada kelopaknya. Jika masih bingung menentukan kegiatan menarik, bisa mencari inspirasi dari buku, website, atau media sosial seperti Instagram dan Pinterest.

  2. Mengeksplor Halaman Rumah

    Mumpung cuaca sedang cerah, kenapa tidak memanfaatkan halaman rumah sebagai tempat belajar? Walau Mom tidak punya semua jawabannya, tapi yang terpentung adalah berbagi rasa ingin tahu dengan anak, seperti yang disarankan Traci Wierman dari University of California.

    Tingkatkan minat dan rasa penasarannya dengan mengajukan pertanyaan seperti jenis burung yang hinggap di pohon, kenapa pohon bisa tumbuh besar, atau saat menemukan laba-laba di bawah kaca pembesar. Catat pertanyaan apa saja yang dimiliki anak-anak, lalu bersama-sama mencari jawabannya lewat buku, majalah, atau browsing.

  3. Melakukan Field Trip

    Untuk meningkatkan ketertarikan anak-anak pada sains, rencanakan field trip ke tempat-tempat yang menawarkan wisata edukasi. Mulai dari museum, kebun raya, kebun binatang, taman nasional, hingga tempat wisata alam. 

    Libatkan anak-anak untuk memilih materi yang ingin dipelajari, misalnya tanaman buah, pertanian, atau hewan ternak. Jangan lupa untuk mempertimbangkan usia dan kemampuan menyerap hal-hal yang diajarkan, misal anak yang lebih muda tentunya akan lebih menikmati kegiatan menanam padi di sawah, ketimbang proses memerah susu sapi. Selain itu, ajak mereka untuk berdiskusi untuk menambah pengetahuannya.

  4. Mengajak Anak Turun ke Dapur

    Selain di halaman rumah, dapur bisa jadi tempat yang tepat untuk belajar sains sederhana. Ada banyak ilmu pengetahuan alam yang digunakan, tanpa anak-anak sadari. Misalnya bagaimana gula maupun garam larut dalam air dingin atau panas, membuat roti dengan memanfaatkan ragi, atau campuran baking soda dan cuka untuk membentuk buih. Walau menyenangkan, tetap waspada pada alat-alat tajam yang ada di dapur atau berdekatan dengan kompor maupun wadah berisi air panas.

    Nah, siapa bilang sains merupakan pelajaran yang sulit dan membosankan? Yuk, kenalkan ilmu pengetahuan alam dengan cara yang lebih fun dan dapat dilakukan di mana saja.

Explore More

Lindungi Anak dari Makanan Berbahan...

Article- 23 Sep 2016

Gadget Sebagai Sarana Belajar Anak

Article- 27 Feb 2015

Mendukung Bakat yang Dimiliki Anak

Tips & Trick- 06 Jan 2017