Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Bentuk Apresiasi Sesuai Umur Anak

Dr. Bob Myers membagi bentuk tipe penghargaan dalam tiga kategori usia, yaitu prasekolah, sekolah dasar (SD) , usia remaja (SLTP atau SLTA).

Featured Story

Waspadai Penyakit Khas di Musim Hujan

 

Beberapa contoh bentuk apresiasi sesuai dengan umur anak:

 

• Prasekolah 

Membeli buku cerita bergambar, tambah nonton tv (biasanya sejam, menjadi dua jam), jalan-jalan ke taman atau mall bersama orangtua, menonton film anak-anak di bioskop, main komputer atau games, piknik sekeluarga ke suatu tempat yang disukai anak.

 

• Usia SD 

Membeli buku bacaan, jalan-jalan ke mall atau tempat wisata,  makan-makan di luar bersama keluarga, bebas dari tugas rumah, menonton film anak di bioskop pilihan sendiri.

 

• Usia Remaja (SLTP/SLTA)

Membeli buku bacaan yang sesuai usianya, boleh tidur agak larut, boleh mendekorasi kamar sendiri, boleh jalan-jalan sendirian atau bersama teman-teman (untuk anak laki-laki), boleh nyetir motor / mobil sehari, dibebaskan sehari dari tugas rumah, boleh mengundang teman untuk main ke rumah.

 

Walaupun apresiasi dan pujian pada anak itu baik untuk membentuk perilaku disiplin namun bukan tanpa masalah. Penghargaan bukan hanya satu-satunya cara untuk membentuk perilaku positif anak, karena pujian adalah motivator eksternal. Sedangkan tujuan utama dari penghargaan itu adalah motivasi dari dalam yakni disiplin diri sendiri.

 

Hasil terbaik dari sebuah apresiasi adalah apabila kita dapat membantu anak untuk menyadari kapan dan bagaimana ia dapat menghargai dirinya sendiri.

Vonny Kurniati
beda2 ya bentuk apresiasi pada anak, harus disesuaikan dengan umurnya^^
Bundanya Thyan
Prasekolah sdh mulai sy perkenalkan dengan mainan2 edukasi...
Explore More

Mengatasi Sibling Rivalry

Article- 14 Jul 2015

Tips dan Trik Membuat Gadget Menjadi...

Tips & Trick- 21 Aug 2013

Bermain Bersama Teman Untuk Tumbuh...

Article- 06 Dec 2016