Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Berbagi Tugas Rumah Tangga

Mengerjakan Mengerjakan pekerjaan rumah tangga merupakan tanggung jawab seluruh anggota keluarga, termasuk anak. Pemberian tanggung jawab ini akan membuatnya merasa percaya diri dan tidak dianggap anak kecil lagi. Bagi orangtua, tindakan ini adalah salah satu cara untuk menanamkan kesadaran akan tugas, hak, dan tanggung jawab. 

Featured Story

Asupan Alami Ini Efektif Menaikkan Trombosit Anak

Jika setiap anggota keluarga memiliki peran dan mampu menjalankannya dengan baik, maka akan terjalin kekompakan dan keharmonisan dalam keluarga.

 

Namun, Mom harus selektif memilihkan tugas apa yang pas untuknya. Berikut ini kiatnya:

1. Komunikasikan dengan semua anggota keluarga

Mulailah mengategorikan pekerjaan terlebih dulu, lalu sesuaikan dengan kemampuan anggota keluarga. Ada baiknya Mom diskusikan hal ini secara khusus agar tahu jika ada yang keberatan atau mempunyai ide menarik.

 

2. Sesuaikan tanggung jawab sesuai kemampuan dan usianya

Untuk pekerjaan yang membutuhkan tenaga besar, seperti mengangkat barang atau membetulkan peralatan yang rusak, bisa diserahkan kepada Dad. Sedangkan pekerjaan ringan seperti menyalakan lampu bisa diserahkan kepada anak. 

 

3. Pertukaran tugas

Agar tidak bosan dengan tugasnya yang itu-itu saja, lakukan pergantian tugas setiap bulan. Dengan begitu anak-anak akan melakukan pekerjaan karena suka rela dan bukan karena terpaksa.

 

4. Evaluasi pekerjaan

Lakukan evaluasi pekerjaan setiap dua minggu sekali untuk mengetahui apakah setiap anggota keluarga sudah menjalankan pekerjaan dengan baik. Penilaian ini juga menentukan apakah ada anak yang perlu diberikan tanggung jawab lebih berat karena kemampuannya yang meningkat. 

 

5. Biasakan berdiskusi

Lakukan diskusi dalam suasana yang santai, misalnya saat makan bersama pada akhir pekan. Beri kebebasan masing-masing anggota untuk menyatakan pendapatnya mengenai tugas yang sedang berjalan. 

 

6. Berikan reward

Penghargaan atau reward perlu diberikan kepada anak yang telah menunaikan kewajibannya dengan baik. Reward juga berfungsi untuk menyemangati anak dalam menjalankan tugas sehingga tumbuh rasa disiplin yang tinggi. Reward tak harus berbentuk uang atau materi, misalnya anak boleh memilih restoran favoritnya untuk acara makan malam pada akhir pekan nanti.

Sri Puji Rahmawati
berbagi tugas rumah tangga dengan putri kita pasti snagat membantu sekali
Sri Puji Rahmawati
sangat membantu sekali artikelnya
Explore More

Tips Membuat Anak Mudah Minum Obat

Article- 06 Jan 2017

Lakukan Percobaan Sains di Rumah, Yuk!

Article- 27 Feb 2017

Cepat Sembuh, Yaa

Article- 14 Jul 2015