Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Buat Acara Mandi Menjadi Seru!

Senangnya melihat anak yang bermain dan beraktifitas di luar ruangan, seperti bermain pasir atau sekadar berlarian mengejar bola. Tubuhnya pun mulai kotor dan berkeringat, sehingga Mom mengingatkannya untuk mandi. Sayangnya, ia menolak dengan berbagai alasan yang terkadang membuat kesabaran habis saat menghadapinya.

Featured Story

5 Cara Mudah Mengatasi Anak yang Susah Minum Obat

Eits, daripada Mom marah-marah, ada cara mudah untuk mengatasi anak yang malas mandi, dengan menyertakan aktivitas seru ini.

  1. Berbicara dengan Bahasa yang Mudah Dipahami

    Ketika anak terbiasa mandi 2 kali sehari, ia akan tumbuh menjadi pribadi yang sehat, bersih, rapi dan wangi. Mom tinggal menyampaikan fakta ini dengan bahasa yang mudah dimengerti.

    Hindari menakut-nakuti atau mengancamnya saat mengajak anak untuk mandi. Selain membuatnya takut, ia justru akan membencinya dan semakin rewel, saat mendekati waktu mandi. Jika perlu gunakan media pendukung, misalnya buku cerita dan film yang mengangkat topik pentingnya mandi.

  2. Berikan Teladan

    Anak-anak selalu meniru apa saja yang dilakukan orang-orang di sekitarnya, terutama Mom. Tunjukkan bahwa mandi merupakan kegiatan yang menyenangkan. Hindari memperlihatkan rasa malas saat melangkah ke kamar mandi dan ceritakan bagaimana segarnya tubuh setelah mandi untuk menghilangkan kotoran dan keringat. Anak yang penuh dengan rasa ingin tahu biasanya tergerak untuk mencoba melakukannya sendiri.

  3. Mengubahnya Menjadi Bentuk Permainan

    Ubah mandi menjadi acara bermain dengan memperbolehkan anak membawa masuk beberapa mainan ke dalam kamar mandi. Berikan alasan yang menyenangkan saat akan mengajaknya mandi, misalnya ingin memandikan boneka agar bersih dan wangi, membuat busa yang banyak atau bermain air.

    Mom juga bisa membiarkan anak bermain-main dalam bak mandinya tanpa air agar terbiasa berada di dalam kamar mandi dan tidak menganggapnya sebagai pengalaman yang menakutkan. Minta juga anak untuk menyiram sendiri air ke tubuhnya dan buat suasana seseru mungkin agar ia lupa akan rasa takut dan rewel.

  4. Menyediakan Perlengkapan Mandi yang Menyenangkan

    Selain mainan, Mom dapat menyediakan perlengkapan mandi yang dikhususkan untuk anak-anak. Tidak hanya memiliki formula yang cocok untuk kulit dan rambutnya, produk yang dijual di pasaran ini seringkali memiliki bentuk botol yang unik. Ada yang menyerupai binatang atau bergambar karakter kartun favorit, beberapa juga dilengkapi dengan wangi buah yang bikin anak makin ceria saat mandi.

    Lengkapi pengalaman mandi dengan memberikan spons, busa dan handuk yang bergambar lucu atau berwarna cerah.

    Tidak harus bertengkar dengan anak untuk mengajaknya mandi, cukup gunakan beberapa trik di atas untuk membuatnya rajin mandi. Selamat mencoba, Mom!

Fitriamarieindarto Goodmorning
Triknya seru
Yuliana Yoeli
makasih info nya
Explore More

Ayo Melatih Anak Bertanggung Jawab!

Article- 21 Dec 2016

Trik Mengajarkan Anak Bahasa Asing di...

Article- 27 Feb 2017

Agar Si Kecil Tetap Ceria Selama...

Tips & Trick- 23 Aug 2011