Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Cara-Cara Sederhana untuk Tanamkan Toleransi pada Anak

Toleransi kini menjadi topik yang cukup sensitif untuk diperbincangkan, tapi bukan berarti diabaikan untuk dikenalkan pada anak-anak. Apalagi dengan rasa ingin tahunya yang cukup tinggi, ia bisa saja melontarkan pertanyaan tentang SARA (Suku, Agama, Ras, dan antargolongan). Ajarkan pada anak bagaimana cara tepat untuk menyikapi perbedaan, dengan kiat jitu berikut ini.

Featured Story

Mendukung Bakat yang Dimiliki Anak

  1. Memberi Teladan
  2. Guru pertama buat anak-anak adalah orangtuanya sendiri. Mulailah dari diri Mom untuk memberikan teladan pada anak untuk menghargai siapa saja, tanpa harus melihat latar belakangnya. Untuk cara yang lebih mudah, jelaskan pada anak bahwa semua agama itu baik dan mencegahnya untuk berbuat jahat. Selain itu, berikan pemahaman untuk tidak mengganggu orang saat sedang melakukan ibadah atau mengikuti adat budayanya.

  3. Belajar Tradisi Lain
  4. Selain mendalami agama dan budaya sendiri, ada baiknya Mom juga mengenalkan pada anak-anak budaya yang lain. Ajak anak untuk memperhatikan bagaimana tradisi dan hari raya dilakukan oleh umat yang berbeda, sekaligus makna yang menyertainya. Jangan takut untuk mendiskusikan apa yang ingin diketahui anak dan usahakan untuk memberikan jawaban yang positif.

  5. Kenalkan Keberagaman
  6. Lingkungan sekitar anak juga akan menentukan bagaimana ia akan menyikapi perbedaan. Mulailah dari hal yang sederhana, misalnya saat mengajak anak ke taman bermain, memilih sekolah, atau mencari kegiatan untuk mengisi waktu luang.

    Dapat mengalaminya dalam jarak dekat membuatnya merasakan pengalaman yang kaya. Tidak harus menyetujui atau mengikuti perbedaan tersebut, tapi ajarkan anak untuk menghargai orang lain untuk berpegang teguh pada budaya maupun agamanya.

  7. Pilah Pilih Efek Media
  8. Efek media yang ditonton, dibaca, atau didengar dapat memberikan pengaruh yang kuat terhadap anak. Bentengi dirinya dari efek-efek negatif yang mengajarkan kebencian atau iri hati. Memang tidak bisa memisahkan kehidupan dengan media, apalagi mengingat perkembangan teknologi dan informasi yang cukup pesat.

    Dampingi anak setiap kali melihat televisi, menggunakan internet, atau memakai media sosial. Berikan penjelasan untuk menanamkan rasa hormat pada sesama dan menghargai hal-hal yang berbeda, baik dalam hal tradisi, budaya, maupun menjalankan nilai-nilai agama.

    Toleransi menjadi salah satu bentuk empati pada orang lain yang bisa diajarkan pada anak sejak dini. Yuk, tanamkan sedari kecil!

Mamanya Chrisna
makasih tipsnya
Mamanya Chrisna
makasih tipsnya
Explore More

Balita Belajar Memakai Baju dan Sepatu...

Article- 05 Aug 2014

Imunisasi Anak Usia Sekolah

Article- 24 Mar 2015

Mengenal Sejarah Keluarga

Article- 14 Jul 2015