Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Cara Tepat Kenalkan Anak Pada Asyiknya Berenang

Mencari aktivitas yang bisa dilakukan bersama keluarga di akhir pekan ini? Berenang merupakan salah satu kegiatan yang mengasyikkan dan banyak disukai anak-anak. Selain dapat bermain air dengan sepuasnya, olahraga yang satu ini juga efektif mendinginkan tubuh yang kepanasan. Yuk, kenalkan berenang pada anak dengan langkah-langkah sederhana ini.

Featured Story

Anak Tampil Makin Gaya dengan Batik Khas Indonesia

  1. Biarkan Anak Merasa Nyaman

     

    Mom mungkin merasa kagum melihat anak yang sudah bisa berenang, bahkan sejak masih bayi. Tapi ada baiknya menundanya hingga ia siap, seperti American Association of Pediatrics yang menyarankan untuk memberikan pelajaran berenang formal saat anak berusia 4 tahun. 

    Untuk yang ingin mengenalkan berenang sejak dini, biarkan anak merasa nyaman. Mom dapat membawanya masuk ke dalam kolam, bersenang-senang, dan merasa nyaman di air. Lakukan kegiatan seperti bagaimana bermain memercikkan air, menyanyikan lagu, sambil mengayunkan tubuh dalam air.

  2. Selalu Awasi

     

    Setelah merasa nyaman, anak akan bersikap aktif dan mencoba berenang sendiri. jangan sampai meninggalkan ia sendiri, walau hanya sebentar. Dia membutuhkan pengawasan orang dewasa yang selalu berada di air untuk menemaninya. Hindari memegang smartphone yang dapat mengalihkan perhatian maupun konsentrasi saat bermain bersama di dalam kolam.

    Jika perlu bantuan untuk mengapung, pastikan alat-alat dalam keadaan terisi udara dengan baik. Ingatkan juga untuk menekankan beberapa peraturan dasar saat berada di kolam renang. Mulai dari tidak berlari di dekat kolam renang, hanya masuk ke dalam air bersama orangtua, dan pilih kolam yang dangkal.

  3. Hindari Memaksanya

     

    Kesabaran adalah kunci sukses mengenalkan anak pada kegiatan yang baru, termasuk berenang. Tidak perlu memaksanya jika ia belum berani untuk masuk ke dalam kolam renang, bahkan menakut-nakuti maupun mengancamnya. Hal ini malah membuatnya enggan belajar berenang dan tidak menyukainya.

    Sebaiknya kenalkan berenang secara bertahap. Mulai dari memercikkan air ke tubuh atau kepalanya, menuntunnya berjalan di kolam renang,  dan membantunya untuk mengapung. Nantinya, ia belajar untuk merasa nyaman berada dalam air dan termotivasi untuk mencoba pelajaran yang lebih rumit.

  4. Puji Usahanya

     

    Jangan lupa untuk memuji usahanya, walau hanya mencoba memasukkan kedua kaki ke dalam kolam renang. Mungkin buat Mom ini merupakan hal-hal yang sepele, tapi bagi anak kegiatan sederhana ini dapat membuatnya merasa takut dan butuh keberanian untuk melakukannya. Hargai kemampuannya dan berikan pelukan hangat atau kata-kata yang menyemangati setelah ia berhasil mengikuti kata-kata pelatih atau dari Mom.

    Berenang dapat menjadi kegiatan yang seru dan menyenangkan bagi sekeluarga. Cobain yuk!

Mamanya Chrisna
makasih tipsnya
Lo Lie Cu
makasih infonya
Explore More

Melarang si kecil tanpa marah-marah?...

Tips & Trick- 22 Nov 2011

Trik Agar Anak Lebih Aktif dan Dinamis

Article- 04 Sep 2015

Mendongeng di Kala Hujan

Article- 27 Nov 2015