Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Cara Tepat Perkenalkan Teknologi pada Anak

Perkembangan teknologi yang sangat pesat membuat sebagian besar anak-anak telah mengenal gadget sejak usia dini. Walau memiliki efek positif bagi tumbuh kembangnya, pemakaian yang kurang tepat pun dapat membawa dampak buruk untuk anak. Untuk menekannya, perkenalkan teknologi dengan cara-cara berikut ini.

Featured Story

Bahaya Gadget untuk Kesehatan Anak

  1. Mengalokasikan Waktu Tertentu

    Teknologi dapat dijadikan sarana pendidikan dan hiburan yang baik bagi anak, asal diberikan dalam batas waktu tertentu. Terlalu lama bermain gadget juga akan membawa pengaruh buruk pada tumbuh kembang anak, misalnya jadi memicu kenaikan berat badan, mengurangi sosialisasi dengan orang-orang di sekitarnya, hingga berpengaruh pada kesehatan mata.

    Mom bisa mencoba memasukkan kegiatan bermain teknologi pada hari-hari santai di luar sekolah, misalnya pada akhir pekan. Ada banyak permainan edukasi yang dapat diperkenalkan untuk mengisi waktu luang, seperti puzzle, mewarnai, hingga berhitung.

  2. Tentukan Aturan dan Batasan

     

    Kesempatan mengenal teknologi dan informasi saat ini terbuka lebar. Sayangnya bukan hanya pendidikan dan hiburan saja yang tersedia di dunia maya, tapi juga konten pornografi dan kekerasan. Oleh karena itu, Mom wajib mendampingi dan mengawasi anak saat sedang menggunakan internet.

    Mom dapat memasang fitur parental control dan alat kemanan komputer untuk mengawasi aktivitas online anak. aplikasi ini memungkinkan untuk mengatur batas penggunaan komputer dan menjamin keamanan saat menggunakan internet, walau mungkin tidak bisa menemani mereka setiap saat.

  3. Pilih Aplikasi yang Cocok

     

    Ada berbagai aplikasi yang ditawarkan untuk membantu anak belajar dan bermain teknologi dengan tepat. Mom dapat memilihkan beberapa permainan yang menarik dan sarat akan edukasi. Mulai dari menggambar, menyusun puzzle, mendengarkan cerita, hingga belajar menulis.

    Sesuaikan aplikasi dengan umur anak agar dapat lebih memahami permainan yang ada. Jangan lupa dampingi dan beri pengertian agar dapat membantu perkembangan dan meningkatkan pengalaman mereka.

  4. Dampingi untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar

     

    Menggunakan gadget dapat meningkatkan kemampuan anak untuk mengasah kreativitas, kemampuan memecahkan masalah, dan mengambil keputusan. Untuk mencapai tujuan ini, Mom dapat mendampingi anak-anak saat memakai gadget. Tunjukkan hal-hal menarik saat membacakan cerita, bernyanyi bersama, atau bantu saat mereka kesulitan menyelesaikan permainan.

    Setelah selesai memakai gadget, jangan lupa untuk meletakkannya di tempat yang tersembunyi, agar anak-anak tidak tergoda untuk bermain lebih lama. Usahakan memiliki waktu yang seimbang antara menggunakan gadget dan melakukan aktivitas lainnya.

    Gadget bisa bermanfaat untuk anak, asal diperkenalkan dengan cara tepat. Selamat mencoba, Mom!

Lo Lie Cu
thanks tips2nya
Lo Lie Cu
thanks tips2nya
Explore More

Mengapa Aku Tidak Boleh Menyontek, Mom?

Article- 30 Oct 2014

7 Bahan Alami yang Ampuh Mengusir Nyamuk

Article- 05 Oct 2016

Serunya Bermain di Luar Ruangan

Article- 13 Apr 2015