Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Duh, Anak Tak Mau Berpisah!

 

Featured Story

Agar Anak Lebih Terbuka pada Orangtua

Bagi anak yang baru pertama kali masuk sekolah, perasaannya sama seperti memasuki dunia yang sama sekali baru, karena itu wajar jika dia merasa takut. Bayangan harus menjalani hari-harinya di sekolah dengan dikelilingi orang-orang baru tentu terasa mengerikan. Tak heran di masa awal sekolah banyak anak yang ketakutan, bahkan menangis ketika harus berpisah dengan orangtua mereka. 

 

 

 

Agar anak Mom bisa menghadapi masa awal sekolahnya dengan lancar, lakukan hal-hal ini:

 

1. Ajak anak mengenal sekolah

 

Sebelum mulai bersekolah, ajak anak mengunjungi sekolah barunya beberapa kali agar ia merasa familiar dengan lingkungan sekolahnya. Dengan begini, di hari pertama masuk sekolah, anak tidak akan merasa terlalu gugup karena sudah merasa mengenal tempat itu.

 

 

 

2. Kenalkan dengan guru dan teman-teman barunya

 

Ajak anak bertemu calon gurunya untuk berkenalan. Selain itu, ajak juga beberapa orangtua lain untuk mengadakan play date, agar ia dan teman-temannya sudah bisa saling mengenal. Melihat wajah-wajah familiar di hari pertama sekolah akan membuat anak lebih tenang dan tidak akan terlalu takut Mom tinggalkan.

 

 

 

3. Latihan berpisah

 

Seminggu sebelum sekolah dimulai, ajari anak latihan berpisah. Caranya, tinggalkan anak dengan pengasuh atau neneknya, namun selalu temui anak kembali di waktu yang telah disepakati. Ciptakan juga salam perpisahan khas Mom dan anak, misalnya tos, cium, dan peluk, yang akan membuat anak tidak takut. 

 

 

 

4. Jangan tinggalkan diam-diam

 

Pastikan Mom selalu memberitahu anak saat akan pergi. Meninggalkannya diam-diam, bahkan walaupun anak sedang terlihat bermain, akan membuat anak trauma keesokan harinya. Jangan juga membohonginya dengan mengatakan Mom hanya akan pergi ke toilet, karena itu juga hanya akan memperburuk keadaan.

 

 

 

5. Tepat waktu

 

Siapapun yang akan menjemput, baik itu Mom, Dad, pengasuh, atau supir, harus dipastikan agar tidak terlambat. Terlambat dijemput akan membuat anak ketakutan dan rewel keesokan harinya. Rutinitas yang terjaga akan membuat anak tenang, dan sedikit demi sedikit belajar untuk menyukai suasana sekolah.

Lilies Angreyani
mksh tipsnya bermanfaat sekali
Sri Utami Saroh
pertama kali masuk sekolah memang selalu begitu, susah sekali ditinggal, padahal sekolahnya di seberang rumah
Explore More

Cuci Tangan Mencegah Penularan Penyakit

Article- 24 Mar 2015

Ayo Melatih Anak Bertanggung Jawab!

Article- 21 Dec 2016

Ajarkan Anak Menentukan Dan Meraih Target

Article- 25 Jan 2017