Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Duh, Anakku Susah Minum Obat!

Duh, sedihnya saat anak sedang jatuh sakit. Untuk mengembalikan kesehatannya seperti semula, anak harus meminum obat yang jenis dan jumlahnya cukup banyak. Daripada bingung bagaimana cara memberikannya pada anak-anak, siasati dengan beberapa trik berikut ini.

Featured Story

Edukasi Anak tentang Penularan Penyakit

  1. Campurkan Beberapa Obat Jadi Satu
  2. Untuk menyingkat waktu pemberian obat, Mom dapat mencampurkan beberapa obat sekaligus. Tapi sebelum melakukannya, tanyakan pada dokter atau apoteker sebelum mencobanya. Misalnya untuk memberikan obat berbentuk puyer, bisa diberikan sekaligus bersama obat berbentuk sirup atau sirup penetralisir rasa untuk mengurangi rasa pahit. Pastikan dosis obat tidak berubah, agar tidak mengurangi khasiatnya dan terhindar dari risiko overdosis.

  3. Beri Kebebasan untuk Memilih Cara Minum Obat
  4. Untuk anak-anak yang lebih besar, Mom dapat bernegosiasi tentang cara yang diinginkan untuk minum obat. Misalnya untuk obat yang berbentuk sirup, Mom dapat menyarankan anak untuk mengonsumsinya dengan bantuan pipet atau cup. Selain memudahkan saat memberikan obat, trik ini juga dapat mengontrol pemberian dosis obat.

    Pemberian obat dengan cara yang tepat dapat menyiasati anak agar tidak merasakan obat yang pahit. Jika anak menutup rapat mulutnya, obat bisa diberikan lewat sudut mulut atau di belakang lidah. Gunakan pipet untuk meneteskan obat berulang kali sehingga obat tidak masuk ke saluran pernafasan dan anak tidak tersedak.

  5. Beri Jeda Jika Obat Terlalu Banyak
  6. Jumlah obat yang cukup banyak dapat membuat anak merasa kewalahan dan bosan saat dihadapkan dengan jadwal pemberian obat. Berikan jeda di antara pemberian obat untuk memberikan waktu sebentar pada anak untuk bermain atau beristirahat. Cara ini dapat mencegah keluarnya semua obat saat anak mengalami muntah.

    Jangan lupa memasang wajah ceria saat memberikan obat, jika perlu lakukan permainan seperti bermain dokter-dokteran. Jelaskan mengapa harus minum banyak obat, sehingga anak secara sukarela mau meminum obatnya.

  7. Jujur pada Anak Soal Obat
  8. Sebaiknya Mom tidak berbohong dengan mengatakan rasa obat yang enak. Berikan penjelasan dengan kata-kata yang mudah dipahaminya bahwa obat akan meringankan sakitnya sehingga ia lekas sembuh dan dapat bermain kembali.

    Jangan lupa berikan apresiasi saat anak mau minum obat dengan sukarela, baik berupa pujian maupun pelukan. Bisa juga memikirkan sebuah hadiah sebagai wujud bangga dan terima kasih karena anak sudah bersikap kooperatif dalam meminum obatnya.

    Memberikan obat pada anak memang menantang, Mom. Sebisa mungkin hindari pemaksaan dan cobalah berbagai strategi berbeda hingga menemukan cara paling tepat untuk memberikan obat yang jumlahnya cukup banyak.

Yuliana Yoeli
makasih info nya
anita fajarwati
Anak ku tidak susah minum obat...
Explore More

Mengajarkan Anak Untuk Waspada Terhadap...

Article- 12 Sep 2013

Mengatasi Sibling Rivalry

Article- 14 Jul 2015

Mengembangkan Kecerdasan dengan Permainan...

Article- 27 Feb 2015