Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Edukasi Anak tentang Penularan Penyakit

Tidak ada Mom yang menginginkan anaknya pulang sekolah dengan kondisi kurang enak badan. Apalagi saat musim pancaroba, di mana penyakit flu dan gangguan pencernaan merajalela. Walau sudah berusaha menjaga kesehatannya dengan mempersiapkan makanan yang bernutrisi, bekali anak dengan pengetahuan akan penularan penyakit oleh kuman.

Featured Story

Ajarkan Anak Perbedaan Bentuk Obat dan Cara Konsumsinya

Agar mudah dimengerti, gunakan beberapa cara mudah dan menyenangkan berikut ini.

  1. Menggunakan Glitter

    Kuman berukuran sangat kecil sehingga sulit terlihat oleh mata. Untuk mengajarkan pada anak, betapa mudahnya kuman mengenai tubuh dan membuatnya sakit, Mom dapat bermain drama dengannya.

    Salah satu anggota keluarga dapat berpura-pura menjadi penderita penyakit. Saat bersin, lumuri tangan dengan menggunakan glitter. Setelah itu, minta untuk memegang barang dan memberikannya pada sang anak. Lihat bagaimana bubuk berkilauan itu kemudian berpindah dengan mudahnya ke tangannya, seperti penularan penyakit.

  2. Little Germ Puff Ball

    Selain menggunakan glitter, Mom juga dapat memberikan informasi tentang mudahnya penularan penyakit lewat bola-bola yang terbuat dari benang. Minta anak-anak untuk meletakkannya di atas telapak tangan. Lalu lihat bagaimana bola-bola warna-warni tersebut terbang.

    Begitu juga saat tertiup angin atau digerakkan oleh nafas yang keluar dari hidung dan mulut. Hal ini memperlihatkan bagaimana penyakit yang disebabkan oleh kuman maupun bakteri menular dari satu penderita, menghinggapi orang-orang sehat lainnya.

  3. Membacakan Cerita

    Tambah pengetahuan anak tentang penyakit, pencegahan, dan pengobatannya lewat buku cerita. Untuk menarik perhatiannya, pilih yang dilengkapi dengan gambar-gambar dan karakter yang lucu.

    Dampingi saat anak membaca dan jelaskan apa yang terjadi saat anak malas mencuci tangan, bersin dan batuk tanpa ditutup, atau membuang ludah sembarangan. Selain itu, tunjukkan bagaimana cara pencegahan dan pengobatan yang tepat, apabila anak atau anggota keluarga lainnya terserang penyakit.

  4. Mengajarkan Mencuci Tangan

    Ada cara mudah dan sederhana untuk mengurangi penyebaran kuman penyebab peyakit, yaitu dengan mencuci tangan. Dorong anak untuk menumbuhkan kebiasaan menjaga kehigienisan tubuh dengan membersihkan tangan, terutama setelah menggunakan toilet, menyentuh binatang peliharaan, atau sebelum menyentuh makanan.

    Agar tidak terasa membosankan, ada berbagai cara yang dapat Mom lakukan. Mulai dari menyediakan produk sabun wangi dan warna-warni, menyanyikan lagu saat membersihkan tangan, atau membuat ekspresi lucu sambil bercermin. Libatkan juga anak untuk membuat chart yang menunjukkan seberapa sering ia mencuci tangan. Berbekal stiker atau spidol warna-warni, cara ini bisa bikin ia selalu mengingat dan bersemangat melakukannya.

Mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. Tingkatkan kepedulian anak dengan menjaga kesehatan diri sendiri dan mengingatkan orang lain, untuk mengurangi penyebaran kuman penyakit.

Yuliana Yoeli
makasih info nya
Fitriamarieindarto Goodmorning
Wah boleh jg idenya
Explore More

Ajari Anak Berhemat dan Menabung Sejak...

Article- 06 Sep 2017

Lingkungan Sehat Dukung Anak Cerdas

Article- 16 Mar 2015

Tips Membuat Anak Mudah Minum Obat

Article- 06 Jan 2017