Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Go Green Tips untuk Mom dan Anak Saat Berada di Rumah

Mengajari anak-anak untuk merawat lingkungan merupakan tanggung jawab yang sangat penting untuk masa depannya. Tapi terkadang membantu lingkungan terdengar sebagai beban yang cukup berat di pundaknya. Cobalah mendorongnya untuk melakukan satu langkah kecil yang berhubungan dengan aksi go green.

Featured Story

Apa Cita-citamu, Nak?

Walau mungkin terdengar sepele, apa yang ia lakukan dapat membuat perubahan besar. Yuk, coba beberapa solusi ini yang diawali dari rumah sendiri.

  1. Mematikan Aliran Listrik

    Salah satu cara sederhana untuk menghemat sumber daya adalah dengan menghemat penggunaan listrik. Ajari anak untuk mematikan lampu ketika meninggalkan ruangan dan mematikan TV jika tidak ditonton. Bahkan ketika peralatan elektronik dimatikan, barang-barang ini masih mengambil energi apabila masih terpasang di stop kontak. Ingatkan mereka untuk mencabut steker komputer dan charger. Jangan lupa untuk memberikan pujian pada aksi kecil ini dan dorong anak untuk mengingatkan orang dewasa untuk melakukan hal yang sama.

  2. Menghemat Air

    Seiring berjalannya waktu, persediaan air mulai menipis. Yuk lakukan penghematan air, dengan mendorong anak-anak untuk memeriksa kran air di rumah dan memastikannya telah dimatikan atau tidak mengalami kebocoran. Ajari mereka untuk mematikan kran saat menyikat gigi dan mengurangi lamanya waktu mandi sebagai aksi go green.

    Mom juga bisa meminta anak untuk mengumpulkan air hujan. Sebelumnya tempatkan ember atau wadah yang cukup besar di luar rumah untuk menampung air hujan. Cara ini memberikan persediaan air segar untuk menyirami tanaman atau membersihkan pekarangan.

  3. Berjalan Kaki atau Bersepeda

    Pergi ke suatu tempat tidak sealu berrarti harus menggunakan kendaraan bermotor. Dorong anak untuk berjalan kaki atau menaiki sepeda untuk melakukan perjalanan singkat. Selain mengurangi populasi, aktifitas ini dapat meningkatkan kebersamaan dengan keluarga serta menyisipkan olahraga dalam keseharian.

  4. Reuse atau Recycle

    Dukung anak-anak untuk menemukan cara-cara kreatif untuk menggunakan kembali barang-barang yang sudah tidak terpakai. Selain mengurangi sampah, cara ini dapat mengasah kreatifitas anak dan kepercayaan dirinya.

    Mom akan mendapatkan banyak kejutan, misalnya dengan mudah kotak sereal kosong dapat diubah menjadi wadah surat atau kotak sepatu kosong yang bertrasformasi menjadi bingkai foto yang cantik. Berikan bantuan saat ia ingin menjadikan botol atau wadah plastik sebagai pot, atau menjadikan pakaian tak terpakai menjadi tas yang imut.

Aksi menyelamatkan bumi dapat dimulai di rumah dan dilakukan oleh anak-anak. Yuk, Mom dukung mereka untuk melakukan hal-hal kecil yang justru berdampak besar bagi pelestarian lingkungan.

Fitriamarieindarto Goodmorning
Setuju
Yuliana Yoeli
makasih info nya
Explore More

Tips Berlibur Hemat

Article- 09 Jul 2013

Wisata ke Penang

Article- 22 Jul 2013

Tips Mengembangkan Nalar Anak Sedari Dini

Tips & Trick- 21 Apr 2014