Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Ini Lho Cara Bonding dengan Anak Via Teknologi

Menjalin hubungan baik dengan anak-anak di era teknologi ini terasa lebih sulit dari sebelumnya. Mom mungkin sering menemukan mereka terpaku melihat layar dan menjadi cuek. Tidak heran jika para orangtua sering khawatir melihat bagaimana anak mulai menjauh. 

Featured Story

Ajarkan Aturan Berinternet pada Anak Sejak Dini

Teknologi memang memiliki dua sisi yang berbeda, tapi Mom bisa menggunakannya sebagai media bonding bersama anak untuk menghabiskan waktu bersamanya. Yuk coba beberapa kiat ini!

  1. Mengeksplorasi Hal Baru Bersama Anak

     

    Hanya dengan menggunakan ujung jari, anak-anak bisa mendapatkan informasi dengan mudah dan cepat. Lewat pendampingan orangtua, anak bisa mengeksplorasi hal baru seperti melihat gerak-gerik binatang yang selama ini hanya dilihatnya di buku, atau belajar ilmu baru dari aplikasi yang disediakan secara gratis.

    Gunakan kesempatan ini untuk menjelajah dan bereksplorasi bersama anak-anak. Minta mereka untuk membantu Mom mencari info-info terbaru tentang tempat wisata yang baru saja dibuka atau resep masakan sedap yang dapat dicoba bersama-sama. Selain merasa dilibatkan pada pengambilan keputusan, anak juga dapat mengobrol panjang lebar dengan orangtua.

  2. Mengenal Bahasa Asing

     

    Siapa bilang belajar bahasa asing hanya bisa melalui kursus? Kini, dengan kemajuan teknologi, Mom dapat mendampingi anak saat mempelajari bahasa asing. Bisa melalui video yang banyak tersebar di Youtube, permainan yang merangsang kemampuan berbahasa, hingga tatap muka via video dengan native speaker yang terkadang mau membagi ilmunya secara gratis.

    Agar anak dapat dengan mudah memahami dan menyerap bahasa asing, dampingi saat mempelajarinya dengan bantuan gadget. Saring video atau aplikasi permainan yang cocok dengan usia dan kemampuannya, lalu temani untuk memberikan pemahaman dan membantunya saat ia mengalami kesulitan.

  3. Menjaga Komunikasi

     

    Teknologi yang digunakan dengan tepat dapat membuat orangtua tetap terhubung dan berkomunikasi dengan anak-anak. Buat yang sedang berjauhan karena tugas ke luar kota atau negeri, kini bisa memanfaatkan video chat untuk sekadar bertukar sapa. Bisa juga memanfaatkan aplikasi Skype yang bikin jarak bukan lagi tantangan untuk mengobrol seru. 

    Mom juga bisa menggunakan media chatting seperti Whatsapp, Line, atau media sosial untuk menjaga kehangatan hubungan dengan anak. Teknologi memang tidak bisa menggantikan kontak yang sesungguhnya, tapi Mom dapat memanfaatkannya untuk menjaga komunikasi dan menyampaikan rasa sayang pada anak.

    Peran gadget yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, untuk menjaga bonding bersama anak.

Lo Lie Cu
Makasih infonya
Lo Lie Cu
Makasih infonya
Explore More

Apakah Autisme Itu?

Article- 03 Dec 2013

Hargai Pendapat Orang Lain itu Wajib...

Tips & Trick- 15 Feb 2019

Tips Mengembangkan Kreativitas Anak

Article- 28 May 2014