Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Jangan Sampai Salah, Simak Tips Simpan Obat di Rumah

Siapapun tidak ingin anggota keluarganya jatuh sakit atau cidera. Tapi terkadang musibah dapat terjadi kapan saja, sehingga lebih baik jika Mom bersiap-siap dengan menyediakan obat-obatan yang penting di rumah. Sayangnya, penyimpanan yang sembarangan dapat menurunkan kualitas obat, bahkan membuatnya berbahaya bagi kesehatan keluarga. Yuk simak cara tepat menyimpan obat di rumah berikut ini.

Featured Story

Bolehkah Anak Bermain Hujan?

  1. Baca Keterangan Obat

     

    Saat membeli obat, biasakan untuk membaca label di kemasannya. Selain melihat cara penggunaannya dan dosis yang disarankan, simak juga cara menyimpan dengan tepat. Ada beberapa obat-obatan yang sebaiknya diletakkan di tempat yang sejuk dan kering, sedangkan obat yang berbentuk sirup dapat diletakkan di dalam lemari pendingin untuk mencegahnya terkena paparan panas maupun udara lembap.

  2. Letakkan di Tempat Kering

     

    Obat-obatan yang diletakkan sembarangan tidak hanya menyulitkan Mom saat membutuhkannya, tapi juga dapat membuatnya lebih cepat rusak. Sediakan kotak khusus obat-obatan di bagian rumah yang kering, tidak lembap, tidak langsung terkena paparan sinar matahari, dan jauh dari jangkauan anak. 

    Sebisa mungkin hindari meletakkan obat-obatan di lemari yang ada di kamar mandi, karena kelembapannya yang tinggi dapat memicu obat cepat rusak dan lembek. Jangan lupa untuk mengelompokkan obat-obatan sesuai kategori, misalnya balsam, minyak kayu putih, dan pereda sakit sehingga tidak bingung saat mencarinya.

  3. Jauhkan dari Jangkauan Anak-Anak

     

    Obat-obatan, khususnya yang ditujukan untuk anak-anak, seringkali dikemas dalam kotak berdesain lucu, berwarna-warni, hingga memiliki aroma manis. Tidak heran jika terkadang anak-anak keliru menyangkanya sebagai permen atau sirup manis. 

    Untuk menghindari konsumsi obat yang dilakukan oleh anak, pastikan kotak P3K atau tempat penyimpanannya berada jauh dari jangkauannya. Jika perlu kunci agar tidak mudah diutak-atik dan disalahgunakan oleh anak-anak.

  4. Buang yang Sudah Kedaluwarsa

     

    Hampir sama dengan makanan, obat juga memiliki tanggal kedaluwarsa yang sebaiknya diikuti untuk menjamin khasiatnya. Lakukan pemeriksaan setiap beberapa bulan untuk meneliti tanggal yang tercantum di kemasan obat. Obat yang telah melewati tanggal yang disarankan dapat berubah fungsi menjadi zat yang berbahaya. Gunting obat-obatan atau buang isi yang ada di dalam botol saat membuangnya sehingga tidak dapat dimanfaatkan lagi.

    Tidak hanya pemilihan obat yang tepat, Mom wajib tahu cara menyimpannya agar dapat digunakan untuk meringankan gangguan kesehatan pada anak.

Explore More

Tips Wisata Ke Luar Negeri

Tips & Trick- 27 Dec 2013

Anak Wajib Lapor Ketika Bepergian

Article- 18 Aug 2014

Pengalaman (dan Pelajaran) Baru untuk Si...

Tips & Trick- 05 Jul 2011