Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Jangan Takut dengan Matematika

Bagi anak yang sudah duduk di bangku sekolah dasar, biasanya akan mulai mendapatkan pelajaran yang berhubungan dengan matematika yang lebih kompleks. Sebagian besar merasa, mata pelajaran ini termasuk sulit untuk dipahami.

Featured Story

Tugas Sekolah Anak Makin Menantang, Yuk Bantu!

Mom tidak perlu ikutan panik atau stres saat ia mengeluh kesulitan dalam memahami pelajaran atau menyelesaikan pekerjaan rumah. Dukunglah anak untuk belajar dengan menggunakan beberapa metode seru ini.

  1. Popsicle Math

    Gunakan stik es krim yang salah satu ujungnya dituliskan angka, mulai dari 1 hingga 20. Stik lainnya dipakai untuk memperlihatkan simbol pengurangan, penjumlahan, dan sama dengan. Bantu anak dengan memberikan beberapa soal dan minta ia untuk menjawabnya dengan menggunakan stik es krim yang tepat.

  2. Jarimatika

    Cara berhitung menggunakan jari ini ditemukan oleh Septi Peni Wulandari bagi anak-anak yang sudah menguasai hitungan sederhana di luar kepala. Prinsip dasar yang harus dikuasai adalah jempol kanan menandakan angka 5, sedangkan jari kanan lainnya adalah angka satuan. Sedangkan jempol kiri menyimbolkan angka 50 dan jari kiri lainnya merupakan angka puluhan.

    Yuk, coba menghitung 7+52, dengan mengeluarkan jempol kanan (5) dan 2 jari kanan (2) untuk mendapatkan angka 7. Lalu untuk menambahkan 52, keluarkan jempol kiri yang berarti 50 dan 2 jari lagi di tangan kanan. Sekarang hitung hasilnya, jempol kiri menandakan 50 dan tangan kanan berupa jempol (5) dan 4 jari (4), berarti hasilnya adalah 59. Cukup mudah ya Mom!

  3. Berhitung dengan Lego

    Siapa yang tidak mengenal Lego? Permainan berbentuk balok-balok aneka warna dan ukuran ini biasanya dipakai untuk bermain dan mengembangkan imajinasi. Tapi berkat guru yang berkontribusi pada situs pembelajaran scholastic.com, Alycia Zimmerman, Lego dapat digunakan untuk mengajarkan konsep pecahan, pembagian, perkalian, dan bilangan berpangkat.

    Awali deng konsep penjumlahan sederhana dengan menggunakan balok-balok Lego. Untuk pecahan, gunakan balok utuh untuk melambangkan angka 1, lalu cari balok lainnya yang lebih kecil sebagai simbol pecahannya, seperti 1/2, 1/4, 3/4, hingga 1/8. Cara ini membuat penjumlahan dan pengurangan pecahan terasa lebih mudah. Begitu juga dengan perkalian dan bilangan berpangkat yang dapat dipahami dengan metode menyenangkan ini.

  4. Permainan Dadu

    Selain menggunakan stik es krim, Mom juga dapat melatih kemampuan berhitung anak, terutama penjumlahan, dengan bantuan dadu. Agar belajar terasa makin seru, siapkan juga kertas dan pensil untuk mencatat hasil yang didapatkan oleh anak. Gulirkan dadu, baik dengan menjatuhkannya dengan tangan atau mengocoknya di dalam gelas.

Yuliana Yoeli
makasih info nya
Fitriamarieindarto Goodmorning
Berhitung dg lego menarik jg
Explore More

Vaksinasi Flu Untuk Anak, Perlukah?

Article- 05 Oct 2016

Mengembangkan Kecerdasan Emosional Anak

Article- 16 Mar 2015

Mengembangkan Wawasan Nusantara Anak

Article- 06 Jun 2014