Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Kembangkan Nalar Anak Sedari Dini

Lihat ekspresi anak ketika dia sedang berpikir atau mencoba atau ingin tahu terhadap sesuatu. Ketika anak membongkar dompet Mom atau memencet remote mobil atau ketika dia mengutak-atik gadget Mom. Walau kesal, tapi ini semua meningkatkan kemampuan berpikir kognitif-nya lho Mom. 

Featured Story

Lindungi Keselamatan Anak di Luar Rumah dengan Tips Jitu Ini

 

Ketika bayi lahir, dia melakukan interaksi dengan lingkungan. Lalu dia belajar untuk menangis sebagai ungkapan rasa. Mulai dari rasa haus, bosan, ingin dipeluk, popok basah, semuanya diungkapkan dengan menangis. Lalu bayi belajar melihat ekspresi muka Mom dan orang disekitarnya. Ketika Mom mengajak dia ngobrol dengan muka tersenyum, maka dia pun memperhatikan dan mulai mengikuti. Lalu Mom makin tertawa senang ketika dia mengeluarkan suara. Maka anak bayipun tertawa. Dengan memahami cara berpikir anak dimulai dari usia dini, maka Mom akan semakin mudah membentuk karakter anak.

 

Memasuki usia batita, anak mulai mempunyai rasa ingin tahu yang besar. Jangan panik ataupun berteriak ketika Mom melihat lemari berantakan, atau dompet Mom berantakan. Namun ajari dia bahwa hal itu tidak boleh karena itu bukan mainannya. Minta secara baik-baik agar anak mengembalikan hal tersebut ke tempatnya atau kasih ke Mom. Di usia 2 tahun, anak sudah bisa melakukan permintaan Mom karena semakin bertambah usia, daya nalar anakpun berkembang.

 

Pada dasarnya anak mempunyai rasa ingin tahu yang besar. Maka ketika dia bereksplorasi, Mom cukup memantau dari kejauhan. Biarkan dia menjelajahi area baru, permainan baru dan jangan memarahi atau melepasnya di tempat yang baru dia kunjungi.  Rasa nyaman dan aman akan semakin meningkatkan nalar anak dan anakpun akan semakin cerdas.

Vonny Kurniati
Yup, betul banget, anak2 umumnya punya rasa ingin tahu yg tinggi, kita harus selalu mendukungnya^^
Suni Maryanti
wah anakku banget min,.,,
Explore More

Tips Memenuhi Kebutuhan Dasar Emosi Anak

Tips & Trick- 10 Feb 2014

Arti Waktu Berkualitas Bagi Keluarga.

Article- 24 Apr 2013

Yuk, Hibur Anak Mom yang Sedang Sakit

Article- 06 Dec 2016