Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Kiat Ajarkan Anak Bersepeda Roda Dua

Bermain sepeda menjadi aktivitas yang menyenangkan bagi setiap anak. Tapi mengajarinya mengendarai sepeda roda dua mungkin hampir sama sulitnya dengan mengajarinya berjalan. Selain menumbuhkan rasa percaya dirinya, Mom dapat membantu anak menguasai cara bersepeda dengan cara-cara berikut ini.

Featured Story

Tak Harus Tinggalkan Rumah, Ini Nih Liburan Seru di Rumah

  1. Melatih Keseimbangan

     

    Hal pertama yang harus dimiliki anak agar dapat mengendarai sepeda roda dua adalah menjaga keseimbangannya. Hindari untuk terus-menerus memegang bagian belakang sadel, agar anak dapat mengayuh dengan seimbang.

    Oleh karena itu, penting bagi anak-anak untuk memilih sepeda yang sesuai dengan usianya. Sepeda yang terlalu besar dan berat akan membuatnya lebih sulit untuk dinaiki. Apabila ia belum mampu bersepeda roda dua, Mom bisa membeli tambahan 2 roda kecil untuk membantu menjaga keseimbangannya.

  2. Pastikan Kaki Menggapai Tanah

     

    Posisi ketinggian tempat duduk di sepeda juga penting dalam mengajarkan anak bersepeda roda dua. Pastikan kakinya bisa menggapai tanah sehingga membantunya untuk mempertahankan keseimbangan dan mencegahnya mudah terjatuh.

    Jangan terbiasa memegang bagian belakang kursi sehingga ia dapat mengayuh dengan seimbang. Gunakan cara meluncur dari tempat yang lebih tinggi, berbukit, atau memiliki kontur tertentu. Usahakan untuk mencari tempat yang berumput dan tidak berpasir agar dapat memiliki pijakan yang mantap dan mencegah risiko cedera.

  3. Perlihatkan Cara Mengerem

     

    Tidak hanya mengajarkan anak untuk mengayuh, tapi pastikan untuk memperlihatkan cara mengerem. Jangan biarkan anak terlalu keras mengerem sehingga dapat menyebabkannya terjatuh. 

    Tunjukkan untuk mengerem secara perlahan dan mengatur kecepatan dengan bahasa yang sederhana, sehingga dapat dipahami dengan mudah oleh anak. Coba ajak anak untuk belajar menuruni bukit, sehingga dapat membantu anak melatih caranya menggunakan rem dan berhenti.

  4. Tidak Perlu Memaksanya

     

    Setiap anak memiliki kemampuan masing-masing, termasuk waktu yang dibutuhkan untuk menguasai cara bersepeda roda dua. Tidak perlu memaksa saat mengajarkan anak menaiki sepeda roda dua. 

    Jika memang belum berminat dan belum mampu, bisa jadi memang anak sendiri yang belum siap. Apalagi jika Mom marah dan menggunakan kata-kata bernada tinggi atau kasar, karena ia akan semakin takut dan tertekan. Gunakan suasana menyenangkan dan pakai permainan untuk belajar sepeda.

    Selain mengajarkan hal-hal ini, jangan lupa untuk memastikan keamanan anak tetap terjaga saat belajar sepeda roda dua. Ingatkan anak untuk menggunakan helm dan sepatu yang nyaman, sehingga membuatnya makin semangat menaiki sepedanya. Selamat mencoba, Mom!

Mamanya Chrisna
nice share
Mamanya Chrisna
nice share
Explore More

Bisa, Kok, Beraktivitas Seru Tanpa Gadget!

Article- 06 Dec 2016

Belajar Untuk Bersyukur

Article- 06 Aug 2013

Serunya Merayakan Tahun Baru Bersama...

Tips & Trick- 25 Jan 2017