Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Kreativitas Meningkat Dengan Belajar Piano

Jari jemari anak Mom sudah mulai lentur dan suka mengetuk-ngetuk ketika mengikuti irama lagu? Inilah saatnya Mom memperkenalkan dia dengan musik. Salah satu alat musik yang cukup terkenal adalah piano. Piano yang ditemukan oleh Bartolomeo Cristofori lahir di Italia pada tanggal 4 mei 1655 awalnya mempunyai suara 4 oktaf yang disebut sebagai pianoforte.

Featured Story

Latih Anak Menyelesaikan Masalah

 

Mengajarkan piano sejak dini, tidak saja menyenangkan juga mencerdaskan otaknya saat dewa-sa. Berdasarkan pengamatan pada sejumlah anak, para peneliti dari Universitas California menyimpulkan bahwa belajar musik pada usia dini dapat meningkatkan kecerdasan seperti kemampuan bernalar dan berpikir dalam jangka panjang. Hasil penelitian ini begitu menarik perhatian sehingga buku The Mozart Effect karangan Don Campbell (1997), begitu monumental . Menurut Ahli saraf dari Harvard University, Mark Tramo, M.D., getaran musik yang masuk melalui telinga dapat mempengaruhi kejiwaan, Ini terjadi karena di dalam otak manusia, terdapat jutaan neuron dari sirkuit secara unik menjadi aktif ketika kita mendengar musik. Neuron-neuron ini menyebar ke berbagai daerah di otak, termasuk pusat auditori di belahan kiri dan belahan kanan. Mulai dari sinilah kaitan antara musik dan kecerdasan terjadi.

 

Tak hanya itu, para ilmuan dari Beijing juga mengungkapkan bahwa beberapa bagian otak yang berhubungan dengan musik mengalami perkembangan yang begitu pesat ketika masih kanak-kanak. Sedangkan para peneliti dari Amerika Serikat menjelaskan bahwa orang dewasa yang pernah belajar musik saat masih kanak-kanak, cenderung memiliki sel otak yang lebih cepat merespon dan peka terhadap suara yang didengar. Mereka lebih mudah menangkap suara dan berkomunikasi dengan fokus, bahkan ketika dalam suasana yang tidak kondusif seperti bising.

 

Kemampuan bermusik juga meningkatkan IQ anak dan membuat anak jadi lebih sensitif terhadap perasaan orang lain.  Beberapa penelitian menunjukkan usia ideal untuk memulai pelajaran musik antara 3–6 tahun. Karena di usia tersebut pendengaran berkembang secara maksimal. Selain itu, usia 8 – 9 tahun, otak kanan dan kiri akan terhubung dan mengalami penebalan pada penghubung otak kanan dan kiri. Apabila diberikan pendidikan musik sebelum usia 8, maka dapat meningkatkan kecerdasan anak. Hal ini telah banyak dibuktikan di negara-negara maju. Tak heran apabila musik dipakai sebagai kurikulum wajib.

 

Sedangkan di Indonesia, sudah banyak anak muda yang berprestasi sebagai pianis muda. Salah satunya  Evelyn Zainal Abidin yang menjadi pemenang di EUROASIA Youth Music Festival & Competition 2013 yang berlangsung di Kuala Lumpur, Malaysia, 29 April-5 Mei 2013. Wanita muda kelahiran 18 Maret 1999, menjadi juara kedua di kancah musik piano klasik tingkat Internasional.

Diah Pramesti
oh ya, apakah musik piano saja? bukankah stimulasi bisa dr arah mana saja
Diah Pramesti
menarik sekali artikelnya bs membuka wawasan sy...makasih
Explore More

Bantu Anak Konsentrasi Saat Belajar

Article- 06 Jan 2017

Pola Asuh Bagi Anak Cerdas Istimewa

Article- 16 Mar 2015

Penyebab Prestasi Anak Menurun

Article- 31 Oct 2016