Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Lakukan Percobaan Sains di Rumah, Yuk!

Anak-anak yang mulai duduk di bangku sekolak biasanya akan mulai mendapatkan berbagai mata pelajaran. Salah satunya Ilmu Pengetahuan Alam yang punya bahasan cukup komplek sehingga terkadang kurang dipahami, terutama jika hanya mengandalkan teori dari buku.

Featured Story

Tugas Sekolah Anak Makin Menantang, Yuk Bantu!

Nah, Mom dapat mendukung proses belajar anak dengan mencoba melakukan percobaan sains yang mudah dan sederhana, seperti berikut ini.

  1. Gunung Berapi

    Percobaan letusan gunung berapi sering dilakukan untuk menunjukkan reaksi yang terjadi saat zat kimia asam bertemu dengan basa. Selain itu, cara ini juga dapat menunjukkan proses meletusnya gunung berapi yang dapat membuat anak-anak terpesona.

    Awali dengan membentuk gunung berapi dengan plastisin yang membungkus botol plastik kosong. Isi dengan cuka dan pewarna makanan berwarna merah, lalu tambahkan satu atau dua sendok makan baking soda. Wow, terjadilah erupsi mirip lava warna merah.

  2. Es Instan

    Yuk, ajak anak untuk melakukan percobaan es instan, yang akan mengingatkannya pada kekuatan yang dimiliki Elsa di film Frozen. Pertama, kocok minuman soda hingga berbusa lalu simpan di freezer selama kurang lebih 3 jam 15 menit. Setelah itu putar sedikit tutup botol, tapi jangan sampai sepenuhnya terbuka, lalu rapatkan kembali. dalam konsisi botol terbalik, putar tutup botol dan Mom akan melihat soda yang beku hanya dalam waktu 3 detik.

  3. Cloud in A Jar

    Anak-anak sering merasa penasaran dengan terbentuknya awan di langit. Mom dapat membantu mereka memahami kejadian alam ini lewat percobaan sederhana.

    Pertama, tuangkan air mendidih ke dalam toples kaca lalu biarkan selama 1 menit. Buang sebagian besar isinya dan hanya menyisakan sedikit air saja. Nyalakan korek di atas toples, pegang sebentar lalu jatuhkan ke dalamnya. Letakkan kantung es di atas gelas dan Mom akan melihat “awan” mulai terbentuk di dalam gelas. Cool!

  4. Bunga Berwarna-Warni

    Anak-anak sudah memahami tumbuhan memerlukan air agar dapat tumbuh dengan baik. Tapi bagaimana caranya menyerap air dari tanah hingga ke seluruh bagian tanaman? Nah, Mom dapat membantunya belajar ilmu biologi dan fisika dengan cara mudah ini.

    Isi gelas dengan air hingga setengah penuh, lalu minta anak untuk menambahkan pewarna makanan hingga mendapatkan warna yang pas. Potong batang bunga anyelir secara miring, lalu letakkan 1 bunga di masing-masing gelas. Letakkan di tempat yang terang dan terkena sinar matahari langsung, biarkan selama 4-6 jam. Setelah diperiksa, anak dijamin akan kegirangan melihat bunga berubah menjadi warna sesuai dengan isi dalam gelas.

Mudah, sederhana, dan seru bukan? Yuk, dukung pembelajarannya lewat beberapa percobaan sains yang sederhana dan dapat dilakukan di rumah bersama anak.

Yuliana Yoeli
wahhh...harus dicoba dirumah nih
Fitriamarieindarto Goodmorning
Sepertinya seru
Explore More

Olahraga Seru dan Sehat untuk Anak

Article- 31 Mar 2017

Makanan Sehat Tak Harus Mahal, Berikut...

Article- 11 Jul 2018

Jenis Permainan Yang Dapat Meningkatkan...

Article- 21 Apr 2014