Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Liburan Irit Saat High Season

Akhir tahun tergolong waktu high season untuk berlibur. Alhasil, harga tiket transportasi dan banyak hal lainnya mengalami lonjakan. Tapi bukan berarti Mom & Dad tidak bisa berhemat. Nah, berikut ini trik untuk menyiasatinya.

Featured Story

Tips Orangtua Membantu Anak Berpikir Kreatif

 

1. Waktu dan pilihan tepat membeli tiket

Efek domino dari high season tentu tingginya harga tiket moda transportasi. Membeli tiket pesawat pulang-pergi akan lebih baik ketimbang membeli tiket pergi saja atau tiket untuk pulang saja. Sempatkan untuk memesan tiket dari jauh-jauh hari sebelum hari keberangkatan. Manfaatkan situs-situs khusus traveling untuk membantu Mom menentukan harga tiket pesawat termurah.

 

Alternatif lain, Mom dapat memanfaatkan kartu kredit untuk membeli tiket promo. Maskapai biasanya menyediakan tiket promo yang cuma bisa dibeli menggunakan kartu kredit.

 

Jika Mom ingin menggunakan transportasi lain seperti mobil pribadi, kereta, atau bus, pertimbangkanlah waktu yang dibutuhkan, berikut efesiensi biaya dan waktu selama di perjalanan. Ingat, ini high season. Jangan sampai waktu dan biaya liburan justru terbuang percuma gara-gara kemacetan dan sebagainya.

 

2. Utamakan akomodasi yang nyaman daripada yang mewah

Jika Mom memilih berwisata ke kota yang merupakan tempat wisata terkenal, coba menginap di hotel yang terletak di kota-kota kecil untuk menghemat budget penginapan.

 

Ketimbang di hotel mewah, tentu akan lebih irit apabila menginap di hotel biasa atau menyewa cottage jika berlibur bersama keluarga, asalkan tempatnya nyaman. Biasanya, di tempat wisata bahari memiliki cottage dekat laut yang disewakan kepada wisatawan.

 

Cek juga apakah tempat Mom sekeluarga menginap menyediakan sarapan dan transportasi. Kalau ya, bisa dijadikan pilihan utama saat ingin menentukan tempat menginap agar biaya konsumsi lebih hemat.

 

3. Transportasi selama di lokasi

Bila tersedia, coba gunakan solusi transportasi setempat yang memberikan efisiensi biaya. Misalkan, Mom berlibur di kota yang menggunakan kereta api sebagai transportasi utamanya, cobalah cari kartu (tiket) yang bisa digunakan untuk cukup banyak perjalanan. Ini biasanya akan lebih murah ketimbang membeli satu tiket setiap akan berganti stasiun. Juga, lebih praktis dan tidak buang-buang waktu, bukan?

 

4. Siasati biaya konsumsi

Sarapan biasanya sudah disediakan gratis oleh hotel. Untuk makan siang, biar aman dari sisi pengeluaran, makanlah di tempat yang memasang harga makanannya. Sesekali boleh juga kalau ingin memasak sendiri untuk santap malam di penginapan karena akan menghemat cukup banyak biaya. Mom juga dapat mempertimbangkan tempat-tempat makan hemat rekomendasi para food blogger. Jangan lupa bawa selalu botol atau termos berisi air minum. Ketika isinya habis, Mom dapat mengisinya di tempat yang menyediakan air minum gratis.

 

5. Belanja dengan harga miring

Bagi Mom yang ingin membeli suvenir maupun oleh-oleh khas dari tempat wisata, berbelanjalah di tempat-tempat tradisional, seperti pasar pakaian atau pasar seni untuk memungkinkan memperoleh harga yang lebih murah. Biasanya pasar juga menyuguhkan barang-barang atau oleh-oleh yang banyak pilihannya. Jika mesti berbelanja di tempat modern, tahan diri agar tidak sembarang menggesek kartu kredit. Belanja secukupnya saja untuk keluarga atau teman.

Winda Ruwinda Ningsih
yuk kita liburannnn
Yuliana Yoeli
makasih info nya
Explore More

Mendisiplinkan Anak Tanpa Emosi

Tips & Trick- 25 Mar 2014

Ini Cara Mengasah Sikap Optimis Anak

Article- 21 Dec 2016

Mengenal Tipe Kecerdasan Anak dan Cara...

Article- 31 Oct 2016