Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Makan Sehat Dimulai dari Rumah

Anak-anak yang bertubuh gempal memang lucu ya, Mom, tapi berat badan berlebih saat kecil bisa terus terbawa sampai dewasa dan bisa menimbulkan berbagai komplikasi kesehatan. Karenanya, pastikan anak selalu memiliki berat tubuh ideal dengan asupan gizi yang seimbang, dimulai dari makanan sehat dari rumah.

Featured Story

Kado Natal dan Tahun Baru buat Si Kecil


- Mom, mulai kebiasaan makan sehat untuk anak dengan membatasi pilihan makanan di rumah. Perbanyak asupan sayur dan buah segar pada menu makanan keluarga. Untuk menarik minatnya, berkreasilah dengan bentuk-bentuk lucu dan berwarna-warni. Agar hidangan buah lebih seru, cobalah membuat jus, smoothies, atau jelly.


- Penting untuk mengajarkan anak agar berhenti makan setelah kenyang. Selalu berikan makanannya dalam porsi cukup, sehingga anak tak sulit menghabiskan makanannya. Seandainya anak masih lapar, dia pasti akan minta tambah, kok.


- Pastikan makanannya variatif. Selalu kenalkan anak menu sehat baru setiap minggu. Variasi menu akan menjaga ketertarikan anak; meski pada awalnya dia menolak, bujuk dia untuk mencicipinya sedikit. Kalau rasanya enak, anak pasti mau memakannya.


- Libatkan anak dalam urusan pemilihan menu. Bila memungkinkan, ajak dia saat berbelanja bahan makanan. Ia bisa memilih dan memutuskan sendiri jenis makanan apa diinginkannya.  Dengan demikian, anak akan menanti-nanti dan menikmati waktu makannya.


- Biasakan anak mengunyah makanannya dengan baik. Terkadang anak-anak memiliki kebiasaan untuk menelan makanannya terlalu cepat karena ingin cepat kembali bermain. Mom, kebiasaan ini harus dihilangkan, karena makan terburu-buru, selain berisiko tersedak, juga dapat mengganggu fungsi pencernaannya.


- Selalu pastikan anak minum air putih dalam jumlah yang mencukupi. Anak-anak mudah sekali kekurangan cairan karena cenderung aktif dan tidak bisa diam. Cukupi kebutuhan cairannya dengan memberikan buah-buahan segar kaya air, seperti semangka. Kurangi minuman dengan pemanis buatan dan yang mengandung soda.

 

Yakinlah Mom, semua kebiasaan baik yang dimulai dari rumah, besar kemungkinan akan terbawa hingga masa dewasa. 

Sri Utami Saroh
lebih aman dan sehat adalah makanan buatan sendiri
Sri Utami Saroh
setuju bange
Explore More

Ketika Anak Malas Bangun Pagi

Article- 10 Jun 2016

Tips Menjaga Kesehatan Selama Berlibur

- 09 Jul 2013

Beberapa Situs Hotel Travel Online

Article- 22 Jul 2013