Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Membalas atau Mengalah

Ketika dihadapi pada pilihan, mengalah atau membalas? Sepertinya presentasenya lebih banyak mengalah. Namun benarkah anak harus mengalah jika dia sering disakiti oleh temannya atau orang lain sehingga dia pun menderita depresi? Apakah jawaban dari kekerasan adalah dibalas dengan kekerasan? Terkadang membela diri pun diperlukan agar anak tidak terintimidasi atau di buly seperti yang sering terjadi saat ini di sekolah-sekolah. 

Featured Story

Lindungi Keselamatan Anak di Luar Rumah dengan Tips Jitu Ini

 

Ajari anak batas kewajaran tindak kekerasan. Jika temannya memukul hingga 3 kali, maka dia berhak membalas. Tanamkan padanya jika memang teman yang baik, maka teman yang baik tidak akan bertindak jahat. Dan jika teman itu menyakitinya hingga 3 kali, maka dia berhak membalas 1 kali dan lapor kepada guru. Dan ketika tindak balasan ini menuai protes dari orangtua murid lain, jangan takut. Karena anak Mom membela dirinya, bukan sekedar membalas perlakuan temannya yang menyakitinya lebih dari 1 kali.

 

Dunia anak-anak sangatlah mudah. Semenit mereka bertengkar lalu menit berikutnya mereka berbaikan. Namun dengan anak mengetahui mana saatnya membalas dan kapan saatnya berdamai, maka dia akan semakin terasah kepandaian moralnya.

Yeni Setiyawati
Terimakasih penjelasannya sangat bermanfaat
Vonny Kurniati
Iya nih, anak sy sering2nya mengalah terus sama teman2nya
Explore More

Tanda-tanda Anak Sehat

Article- 25 Jan 2017

Mengembangkan Wawasan Nusantara Anak

Article- 06 Jun 2014

Mom Sedang Flu? Ini Cara Tepat Agar...

Tips & Trick- 05 Oct 2016