Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Membatasi Kebiasaan Jajan

Mom, saat ini banyak penyakit yang timbul terkait dengan gaya hidup. Salah satu gaya hidup yang harus diwaspadai adalah perilaku konsumtif, termasuk gemar jajan. Kebiasaan ini bisa berdampak terhadap pola makan anak, lho! Karenanya, berikan edukasi sejak dini agar anak terhindar dari kebiasaan jajan sembarangan.

Featured Story

Yuk, Ajak Anak Untuk Lebih Prestasi!

 

Mom bisa lakukan ini untuk membatasi keinginannya: 

 

1. Awasi tontonan anak

Ragam iklan camilan di televisi memang dikemas begitu menarik, anak pun mudah tergoda untuk membelinya. Atur jadwal menonton anak dan saat penayangan iklan, beri pengertian bahwa camilan yang ditampilkan di televisi tidak semuanya sehat

 

2. Memberikan uang jajan terbatas

Niat anak untuk jajan akan terus berlanjut ketika tahu uang sakunya tersisa. Maka batasi uang sakunya. Mom juga bisa membiasakan anak untuk menabung. Semangati anak Mom dengan kalimat seperti, “Daripada dipakai jajan, lebih baik uangnya ditabung untuk membeli mainan yang kamu mau”

 

3. Membuat camilan sehat sendiri

Yuk, berkreasi di dapur bersama anak! Mom bisa membuat aneka makanan ringan kesukaan anak yang terbuat dari bahan berkualitas dan sehat. Anak tentu senang saat dilibatkan dalam mengocok adonan atau menghias kue-kuenya, dan ia jadi lebih semangat untuk memakannya

 

4. Tepat waktu saat makan

Usahakan untuk selalu menyiapkan makan pada jam yang sama setiap harinya, misalnya saat anak tiba dari sekolah karena ia pasti lapar. Makanan yang belum siap saat ia tiba di rumah bisa membuat anak tergoda mencari jajanan di luar. Selain itu, jaga agar waktu makan malam tidak terlalu larut, agar anak tidak kelaparan dan merengek minta jajan karena lapar

 

5. Kurangi kebiasaan belanja

Sebenarnya jajan merupakan kegiatan favorit bagi siapa saja, termasuk orang dewasa. Jadi, orang dewasa di sekitar anak sebaiknya memberi contoh yang baik di depan anak. Mom pun harus mampu menahan diri dan mengurangi jajan di luar. Cobalah untuk menjadi teladan dengan lebih cermat memilih makanan dan menikmati apa yang tersaji di rumah, karena kualitasnya lebih terjamin. Seiring berjalannya waktu, anak pun akan mengikuti kebiasaan ini.

 

Boleh Jajan Asalkan…

Lalu, apa anak sama sekali tidak boleh jajan? Boleh kok, sesekali ia membeli camilan favoritnya. Karena jika anak dilarang keras untuk jajan, ia malah bisa semakin tergoda dan melakukannya secara sembunyi-sembunyi. Mom malah jadi tidak bisa mengontrol camilan apa yang ia beli dan konsumsi.

 

Berikan pengertian kepada anak bahwa ia boleh membeli camilan yang bersih dan sehat, lalu berikan penjelasan seperti apa camilan yang Mom maksud. Sebaiknya Mom atau Dad menemani anak saat jajan agar ia tidak lepas kendali dan ingat ajaran yang Mom berikan.

Sri Puji Rahmawati
Lebih baik dibekali jajan dari rumah dari pada membeli jajan sembarangan di luar
Sri Puji Rahmawati
terimakasih tipsnya
Explore More

Mengajari Anak Berteman

Article- 10 Jun 2016

Kasih Sayang Ibu Sepanjang Masa

Article- 22 Dec 2011

Permainan Seru Saat Musim Hujan

Tips & Trick- 23 Nov 2015