Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Membiasakan Anak Hidup Bersih

Budaya hidup bersih adalah investasi jangka panjang untuk kesehatan anak. Karenanya, tidak perlu ditunda, kenalkan anak pada pentingnya kebersihan sejak usia dini. Mom bisa terapkan beberapa tips berikut ini:

Featured Story

Tanamkan Kebiasaan Menyikat Gigi Kepada Anak dengan Cara yang Menyenangkan

 

  1. Beri kepercayaan sejak dini
    Salah satu jenis mainan bermanfaat yang bisa Mom beri pada anak adalah sapu mini. Percayalah, dia tidak akan menolak dan akan sangat penasaran dengan fungsi dan cara kerja sapu. Anak biasanya akan mulai meniru Mom dengan ‘besih-bersih’ di dalam rumah. Walaupun hasil kerjanya masih jauh dari bersih dan memerlukan tenaga serta waktu ekstra untuk mengawasinya, yang terpenting adalah ia menikmati proses pembelajaran bersih bersih tanpa paksaan. Contoh lainnya, adalah Mom & Dad bisa mengajak anak ikut mencuci mobil di rumah. Dijamin, ia akan ikut mengelap mobil sambil bermain air dengan senang hati.

  2. Jadikan rutinitas
    Mengajarkan pola hidup bersih tidak dapat dilakukan hanya sekali dua kali, namun harus berkali-kali dan dijadikan rutinitas. Misalnya, mengajarkan anak untuk rajin mencuci tangan sesudah main, sebelum makan dan sesudah buang air, atau membiasakannya membuang sampah pada tempatnya. Tradisi cuci tangan dapat Mom ajarkan pada anak sejak ia berusia kurang lebih 1 tahun. Mom dapat memberinya tangga khusus anak di wastafel dan membantunya naik serta menemaninya mencuci tangan dengan sabun khusus antibakteri. Jika dilakukan terus menerus, kelak dia akan terbiasa mencuci tangan tanpa diminta.

  3. Beri contoh
    Anak adalah peniru yang ulung. Jika ia terbiasa melihat Mom dan Dad berperilaku hidup bersih, maka ia akan mencontohnya. Demikian pula sebaliknya. Karena itu, berikan contoh-contoh perilaku bersih dengan melakukan beberapa aktivitas bersih-bersih bersama, misalnya menggosok gigi bersama atau mencuci kaki bersama sebelum tidur. Agendakan acara bersih-bersih khusus sekeluarga selama kurang lebih setengah jam setiap weekend. Selain rumah menjadi lebih bersih, aktivitas ini dapat mempererat dan memperkompak Mom dan Dad serta anak.

  4. Beri tanggung jawab dan pujian
    Dengan diberi tanggung jawab, anak akan merasa dipercaya sekaligus percaya diri. Untuk anak yang masih kecil, Mom bisa mulai mengajarinya tanggung jawab, dengan membereskan sendiri mainan ke dalam kotak penyimpanan. Untuk anak yang lebih besar atau di atas 4 tahun misalnya, dapat diminta untuk membantu mencuci motor atau mobil. Jangan lupa, berikan anak pujian atas kerjanya ya, Mom. Selain pujian, Mom dan Dad bisa membuat ‘perayaan’ setelah bersih-bersih, misalnya makan es krim favorit anak sambil menonton film keluarga bersama.
Yuliana Yoeli
makasih info nya
Explore More

Apresiasi Antara Kakak dan Adik dan...

Article- 02 Sep 2014

Ini Lho Penyakit yang Tidak Perlu...

Article- 28 Nov 2017

Gadget Mulai Mengganggu Komunikasi...

Article- 13 Dec 2017