Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Membuat Jurnal Perjalanan Wisata bersama Anak

Featured Story

Liburan yang ‘Bersahabat’ dengan Anak

Jurnal perjalanan adalah cara yang menyenangkan bagi anak-anak untuk menikmati perjalanan liburan panjang. Membuat anak tetap sibuk selama perjalanan, di hotel, di restoran, di kendaraan dan menjadi sebuah kenang-kenangan yang bagus untuk mereka koleksi. Anak juga belajar menulis cerita dengan bahasanya dan memadukan gambar sesuai imajinasinya. Bagi Mom dan Dad, benar-benar bagus melihat sebuah tempat dari sudut pandang anak. Mom jadi bisa melihat potensi lain dari anak Mom.

 

Berikut guide lines untuk membuat jurnal perjalanan:

 

1. Siapkan media untuk membuat tulisan

Mom bisa membelikan anak buku notes tanpa garis atau Mom membuat buku jurnal dari kertas print out yang berisi template jurnal perjalanan. Kertas ini bisa Mom taruh di map atau binder agar fleksibel untuk bisa ditambahkan kertas kosong selama perjalanan. Sediakan beberapa kantong kecil pada buku untuk menyimpan benda memoribilia selama perjalanan.

 

2. Siapkan "tool kit" sederhana 
Siapkan peralatan sederhana untuk mengisi jurnal seperti : lem stick, gunting, pulpen atau pensil dan krayon atau pensil warna. Simpan peralatan tersebut dalam ziplock atau kantong pensil transparan.

 

3. Bekali anak dengan kamera
Biarkan anak Mom memiliki kamera digital mereka sendiri atau mengambil foto dari handphone mom. Foto - foto tersebut akan mungkin akan tidak fokus atau tidak seimbang, tapi akan meninggalkan kenangan khas anak yang indah di masa mendatang.

 

4. Buat catatan kecil
Ingatkan anak Mom untuk menyertakan beberapa fakta dasar tentang liburan Seperti:  tempat, tanggal mereka bepergian atau mereka mengunjungi tempat tersebut.

 

5. Ekstra  quality time di malam hari
Minta anak untuk membawa peralatan jurnal pada saat makan malam dan dorong mereka untuk menulis atau menggambar tentang kegiatan hari ini versi mereka. Kegiatan Ini akan membuat mereka tenang sedikit lebih lama dan memberikan Mom dan Dad ekstra waktu untuk mengobrol sambil bersantai.

 

6. Beli kartu pos bertema tempat liburan yang disinggahi
Membeli kartu pos lokal dan minta anak menulis kesan mereka tentang tempat tersebut pada punggung kartu pos. Lalu Mom bisa mengirim kartu tersebut ke alamat rumah untuk anak Mom. Lihat saja reaksi mereka sepulang dari perjalan wisata.

 

7. Lukiskan pengalaman liburan dalam gambar dan kata
Jika anak Mom masih muda, mintalah mereka menggambar setiap hari lalu bantu mereka mendeskripsikan dalam satu atau dua kalimat tentang pengalaman hari itu.

 

8. Memorabilia tambahan
Memorabilia adalah tambahan yang menyenangkan untuk jurnal perjalanan. Dorong anak untuk memasukkan coaster, bungkus permen lokal, menu restoran, tiket dan lain-lain ke kantong atau amplop yang terekat pada buku.

 

Jurnal perjalanan ini akan memberikan anak pengalaman liburan tak terlupakan. Setiap kali mereka membuka buku, mereka akan menghidupkan kembali pengalaman mereka dan Mom juga akan mendapatkan kesenangan melihat kembali melalui memori ini dari sudut pandang anak.


Bundanya Thyan
Waw bisa jadi liburan yang tak terlupakan nih...kalo gie kangen jalan2 bisa buka2 lagi Travel Journalnya...
Vonny Kurniati
Wahhh keren kalo bisa bikin kyk gini yaa, jadi perjalanan liburan akan selalu teringat^^
Explore More

Peran Makanan Sehat Bagi Perkembangan Anak

Article- 06 May 2015

Dengarkan Pendapat Anak

Tips & Trick- 25 Nov 2014

Mengembangkan Kecerdasan dengan Permainan...

Article- 27 Feb 2015