Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Memilih Buku yang Tepat untuk Anak

Mom tentu ingin anak Mom memiliki ketertarikan dengan aktivitas membaca sejak dini. Namun, mengingat banyaknya buku untuk anak yang tersedia di toko buku atau internet, mungkin Mom bingung memilih buku apa yang sesuai agar anak suka membaca.

Featured Story

Jangan Takut dengan Matematika

 

Tenang, Mom, simak pedoman yang tepat berikut ini agar Mom mudah menemukan bacaan yang sesuai untuk anak sekaligus mendorong eksplorasi membacanya secara efektif.

 

  1. Usia prasekolah

    Di rentang usia ini, umumnya anak mulai senang dengan cerita-cerita. Mom dapat memilih berbagai buku cerita mengenai kehidupan sehari-hari, seperti cara berteman, berbagi, pengalaman bersekolah, cara berpakaian, asyiknya membaca, menyantap buah-buahan, dan sebagainya.

    Supaya anak Mom lebih mudah memahami, mengingat, dan bisa cepat mempelajari kosakata, berikan jenis buku dengan struktur kalimat yang singkat dan bergambar menarik. Buku-buku yang mengenalkan konsep huruf, angka, menyusun atau menyocokkan warna dan bentuk juga cocok bagi kelompok usia ini.

     

  2. Usia sekolah

    Di rentang usia ini, Mom perlu menyediakan buku yang mendorong eksplorasi ketertarikannya terhadap hal baru. Misalnya, bila selama ini ia terbiasa meminati buku berdasarkan tokoh favoritnya, baik dari segi gambar atau cerita, maka Mom juga perlu mengenalkannya dengan topik lainnya. Ini penting untuk memperkaya wawasan dan pengalaman membacanya.

    Jangan lupa dampingi selama membaca buku dan ajaklah berdiskusi mengenai apa yang baru saja dibacanya. Sehingga, Mom dapat memberi pemahaman dan turut terlibat dalam perkembangannya. 

     

  3. Segala usia

     

    Berbagai buku serial yang mengandung lelucon umumnya banyak digemari. Mom hanya perlu memantau topik buku hiburan yang anak baca. Hal itu agar anak memiliki kebiasaan membaca yang seimbang, baik dalam hal membaca demi kesenangan atau pun membaca demi meningkatkan wawasannya. 

Stefani Arman
good artikel
Ahong Liau
Iy aku pasti memberikan buku sesuai usiamya
Explore More

Pentingnya Kebersamaan Keluarga

Article- 10 Jun 2016

Mengajarkan Anak Lebih Peka Sosial Kepada...

Article- 08 Dec 2014

Cara Terbaik Untuk Menurunkan Demam Anak

Article- 05 Oct 2016