Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Mempertebal Keharmonisan Keluarga

Pada Pada bulan Ramadan ini, ada banyak kesempatan membuat quality time untuk keluarga. Jadi, tak hanya ibadah saja yang meningkat kualitasnya, kedekatan anggota keluarga juga akan meningkat. Yuk, ajak seluruh keluarga memanfaatkan momen ini.

Featured Story

Sejak Kapan Anak Mulai Dibiasakan Makan Sendiri?

 

1. Sahur dan Buka Puasa Bersama

Kalau biasanya tidak sempat sarapan bareng anak-anak karena Mom atau Dad harus berangkat ke kantor pagi sekali, sahur bisa jadi kesempatan untuk ‘sarapan’ bersama. Lanjutkan sahur dengan ibadah shalat Subuh berjamaah. Jika tidak tidur lagi, Mom bisa membantunya bersiap-siap berangkat ke sekolah.

 

Begitu pula saat berbuka puasa. Manfaat jadwal sekolah dan kantor yang biasanya dipersingkat untuk bisa sampai di rumah sebelum jam berbuka puasa. Jika masih sempat, siapkan menu praktis untuk berbuka. Sesekali, Mom dan Dad bisa mengajak anak untuk berbuka puasa di masjid, restoran, atau bersilaturahmi ke rumah saudara. 

 

2. Ngabuburit Bermanfaat

Sambil menunggu waktu berbuka puasa, Mom bisa carikan kegiatan seru yang bisa dilakukan anak. Misalnya berolahraga ringan, memasak makanan untuk berbuka, mengantarkan paket makanan untuk ifthar di masjid, atau belajar mengaji. Beri tantangan kepada anak untuk memperlancar mengajinya. Mom bisa membantunya di rumah, mengundang guru mengaji, atau mengantarkan anak ke kelas mengaji di TPA. 

 

Pada akhir pekan, Mom dan Dad bisa mengajak anak dan beberapa orang temannya untuk ngabuburit dengan mengunjungi panti asuhan dan panti jompo sambil membawakan makanan untuk berbuka puasa bersama. Ajak anak-anak untuk berkenalan dengan para penghuni panti, bermain, dan mengobrol dengan mereka. Ini bisa membantu anak untuk belajar berempati kepada orang lain.

 

3. Berlomba Mengurangi Kebiasaan Buruk

Buat komitmen bersama keluarga untuk mengurangi kebiasaan buruk atau kegiatan yang kurang bermanfaat. Gantikan dengan kegiatan yang lebih menarik dan berguna, terutama yang berkaitan dengan ibadah. Mom dan Dad bisa memanfaatkan komitmen ini untuk mendidik anak menjadi anak yang saleh dan harapannya, kebiasaan baik ini akan berlanjut seterusnya.

 

Contohnya, Mom bisa mengajak anak-anak untuk membuat satu kebaikan untuk orang lain setiap hari dan menceritakannya pada malam hari sebelum tidur. Kurangi waktu anak menonton TV dan Mom bisa menggantinya dengan mendongeng cerita-cerita para nabi dengan cara yang kreatif. Tantang anak untuk menjalani shalat 5 waktu tanpa ada yang bolong.

    

4. Program Reward

Pencapaian anak sepanjang berpuasa patut Mom hargai. Selain menyampaikan pujian setiap kali ia berhasil menunaikan puasa seharian, naik tingkat mengaji, mau bersedekah dari uang jajannya, atau prestasi lain terkait ibadah, Mom dan Dad bisa memberikan reward. 

 

Tak harus mahal, Mom dapat memberinya reward dengan menyediakan makanan kesukaannya, membelikan sesuatu yang ia butuhkan, atau mengajaknya ke tempat yang ingin ia kunjungi. Buat sistem poin yang jika poin terkumpul semakin banyak, maka hadiah semakin menyenangkan. Apresiasi seperti ini akan membuat anak semangat dan yakin bahwa usaha  yang baik akan menghasilkan sesuatu yang baik pula.

Yuliana Yoeli
makasih info nya :)
Lily Aguslianawaty
quality time is the best
Explore More

Anak Autis pun Wajib Olahraga, Pilih yang...

Article- 10 Nov 2017

Membatasi Gadget bagi Si kecil

Tips & Trick- 07 Jun 2012

Cepat Sembuh, Yaa

Article- 14 Jul 2015