Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Menabung, Yuk!

Mengajarkan anak menabung ternyata bisa dimulai sejak balita. Kebiasaan ini akan terbawa ketika ia beranjak besar nanti. Hikmahnya, anak akan menjadi pribadi yang hemat dan cermat. Gampang, kok, mengajarkan anak gemar menabung. Berikut ini beberapa caranya:

Featured Story

Bermain Bersama Anak, Manfaatnya Nggak Main-Main

 

1. Lakukan secara bertahap sesuai usia

Untuk anak balita, mulailah mengajarkan menabung dengan memberikan celengan yang lucu. Berilah contoh dengan memasukkan uang logam kembalian belanja ke dalam celengan itu. Ajak ia melakukan hal itu bersama. Untuk anak yang lebih besar, berikan batasan uang jajan. Jika ia menginginkan sesuatu katakan padanya kalau ia bisa membelinya dengan cara mengumpulkan uang jajannya tersebut. 

 

2. Buka tabungan

Ajak anak (usia 8-9 tahun) ke bank untuk membuka tabungan khusus untuknya. Anak pasti senang karena sekarang bank menawarkan tabungan khusus anak dengan kartu dan buku tabungan bergambar kartun menarik. Ia pun akan merasa keren karena mempunyai kartu ATM bergambar tokoh kartun favoritnya.  Ingatkan ia untuk menyisihkan uang jajannya guna ditabung. 

 

3. Ajarkan bedanya keinginan dan kebutuhan 

Ketika ia ingin membeli 2 hal secara bersamaan sedangkan uang tabungannya tak cukup untuk membeli keduanya, tanyakan padanya untuk memikirkan mana yang kebutuhan dan mana yang hanya keinginan.  Ajarkan ia untuk memprioritaskan kebutuhan di atas keinginan.

 

4. Jadilah contoh yang baik 

Lagi-lagi anak akan meniru orangtuanya. Jika Mom dan Dad cenderung boros. anak pun akan menirunya.  Ajak anak jika menabung ke bank, sehingga anak pun merasa senang.

 

5.  Beri reward

Iming-imingi dia dengan hadiah jika ia berhasil menyisihkan uang jajannya untuk menabung, misalnya ajak jalan-jalan ke tempat yang ia suka saat liburan tiba. Dengan begitu ia makin semangat menabung. 

Ahong Liau
si kecil sudah tahu cara menabung....tiap kali ada koin uang..selalu dimasukin ke celengannya...
Lily Aguslianawaty
Jevan sudah mengerti menabung, dia punya celengan sendiri dan tiap beberapa lama, dikeluarkan untuk dimasukkan ke bank
Explore More

Membentuk Kelompok Belajar Anak

Article- 05 Jan 2017

Manfaatkan Gadget untuk Belajar

Article- 27 Feb 2017

Mengajak Anak Mengenali Diri Sendiri

Article- 06 Jan 2017