Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Mendampingi Proses Belajar Si Buah Hati

 

Featured Story

Manfaat Membacakan Cerita Kepada Anak

Agar mampu tumbuh dan berkembang sebagai pribadi yang kuat saat dewasa kelak, anak membutuhkan bekal berupa ilmu pengetahuan, nilai moral, dan keterampilan. Semua itu membutuhkan pengarahan agar manfaatnya dapat terserap dan dipahami dengan baik. Sebagai orangtua, Mom perlu mengupayakan semua yang terbaik untuk mendukung proses belajarnya, yang terus berlangsung tak hanya di sekolah, tetapi juga di rumah.

 

 

 

Kasih sayang yang Mom tunjukan dalam bentuk dukungan belajar ini membuat anak merasa diperhatikan, sehingga dapat meningkatkan rasa percaya dirinya. Selain itu, setia mendampingi anak selama proses belajar mampu meningkatkan ikatan emosi antara orangtua dan buah hati.  

 

 

 

Agar proses belajar anak berjalan lancar, perlu bagi Mom untuk mewujudkan empat peran penting, yakni sebagai:

 

 

1. Fasilitator

 

Ciptakan sarana dan prasarana yang dapat mendukung kegiatan belajarnya di rumah. Berikan sentuhan khusus di area belajar anak, seperti melengkapi ruangan tersebut dengan meja belajar, peralatan tulis, buku pelajaran, dan lampu penerangan yang cukup, yang dapat menunjang kegiatan belajarnya di rumah.   

 

 

2. Informator

 

Terkadang anak lalai dalam menjalankan disiplinnya. Maka, berperanlah sebagai pengingat dalam kegiatan anak, seperti kapan waktu belajar, waktu bermain, dan waktu istirahat. Upayakan agar semuanya berjalan tepat sesuai porsinya.

 

 

3. Motivator

 

Beri semangat dan bantu anak dalam usahanya mengulang materi belajarnya di rumah, juga saat ia sedang mengerjakan PR. Tunjukkan cara cepat menghafal perkalian atau cara membuat kerangka tulisan saat harus mengerjakan tugas mengarang.

 

 

4. Penasehat

 

Akan datang masa saat anak merasa lelah dalam belajar atau merasa kecewa atas hasil kerja kerasnya yang kurang memuaskan. Di sinilah peran Mom untuk memberikan masukan bermanfaat yang dapat menyulutkan kembali semangatnya. Saat anak Mom berhasil menyelesaikan tugasnya, jangan lupa hargai usahanya dengan memberikan pujian. 

 

 

 

Selamat mencoba, Mom!

Sri Utami Saroh
benar sekali, saya juga menerapkan hal seperti itu min, selalu menemani si kecil kalau sedang belajar
Sri Utami Saroh
kalau belajarnya ditemani dan dipandu orang tua, sepertinya anak menjadi lebih bersemangat belajar
Explore More

Hanya Nutrisi Terbaik untuk Sang Buah Hati

Article- 07 Oct 2015

Menu Sehat bagi Anak yang Sedang Sakit

Article- 06 May 2015

Belajar Untuk Bersyukur

Article- 06 Aug 2013