Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Mengajari Anak Berteman

Anak di usia 6-8 tahun sudah memasuki masa perkembangan sosial, mental dan fisik. Saat inilah anak Mom mulai memperlihatkan minat dan perhatian, juga terlibat secara aktif dengan lingkungannya. Berteman menjadi salah satu kegiatan yang dapat mengasah kecerdasan sosialnya. Mom sebagai orangtua pun perlu berperan aktif mendorong anak untuk berteman.

Featured Story

Tips Bangun Kepercayaan Diri pada Anak

 

Manfaat berteman

Berteman atau bersosialisasi dengan lingkungan, bukan hanya bertujuan agar anak punya banyak teman. Melainkan juga membekali anak akan keterampilan beradaptasi dan bersosialisasi yang berguna untuk masa dewasanya nanti. Apa saja sih, manfaat berteman?

  1. Memberi kesempatan pada anak untuk mengeksplorasi diri dan mendorong sikap memahami orang lain.
  2. Membantu penyesuaian diri di sekolah dan meningkatkan keterlibatan anak dalam proses belajar mengajar di kelas.
  3. Memberi kesempatan pada anak untuk berlatih menghadapi masalah dan mengembangkan kemampuannya dalam memecahkan masalah.
  4. Membentuk dasar hubungan interpersonal di masa remaja dan dewasanya nanti.

 

Jika anak pemalu

Anak dengan karakter pemalu atau memperlihatkan sikap kurang percaya diri biasanya memang butuh sedikit dorongan dari Mom untuk bisa berteman. Berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan orangtua:

  1. Ajak ia berdiskusi, siapa tahu ada hal-hal yang membuatnya enggan berteman. Tak perlu terlihat cemas, karena anak malah bisa membatalkan niatnya untuk bercerita pada Mom.
  2. Mencari solusi akan masalah anak dan memberinya tip dan trik yang mudah dilakukan. Contohnya jika ia sulit mengajak temannya bicara lebih dulu, “Coba kamu kasih pujian, misalnya bajunya atau tasnya yang bagus. Pasti dia akan senang dan mau ngobrol lebih panjang sama kamu.”
  3. Tingkatkan rasa percaya diri anak dengan menunjukkan kelebihannya. Misalnya ia pintar bermain musik, anak dapat memanfaatkannya untuk bertemu dengan teman yang punya hobi sama.
  4. Minta ia mengundang teman yang disukainya ke rumah untuk melakukan aktivitas bersama seperti bermain atau menonton film.
  5. Selalu mengingatkan bahwa walaupun ia perlu berteman, namun ia juga perlu tahu cara menjauhi teman-teman yang membuatnya tak nyaman.
Bunda SYaffa
Syaffa termasuk anak yang gampang berteman
Muyasaroh
ayuk berteman
Explore More

Lindungi Anak dari Dampak Negatif...

Article- 22 Nov 2017

Bantu Anak Kelola Emosinya

Article- 19 Mar 2014

Melindungi Anak Agar Tak Mudah Sakit

Article- 20 Oct 2015