Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Mengajarkan Anak Bersedekah

Saling berbagai rejeki adalah hal baik yang perlu diajarkan kepada anak sedari dini. Seperti di sekolah biasanya suka diadakan event bazaar Ramadhan untuk warga kampung sekitar sekolah, ini momen yang baik bagi anak untuk belajar memilah barang mana yang masih dia perlukan dan mana yang tidak. Belajar merelakan barangnya untuk diberikan kepada orang lain yang lebih memerlukan. Niscaya ketika anak tumbuh dewasa, dia akan terbiasa untuk saling berbagi dan tidak pelit.

Featured Story

Bermain Sambil Belajar Yang Berkualitas Bagi Anak

 

Pada dasarnya anak senang meniru orang tuanya, sehingga ketika setiap ada ksempatan hendaklah mom memberi kesempatan kepada anak untuk berbagi rejeki kepada orang yang kurang mampu. Misalnya ketika dilampu merah ada anak kecil yang minta-minta, maka berikan uang sukarela kepada anak untuk diberikan kepada peminta tadi. Ajarkan dia bagaimana caranya, termasuk jangan membuka jendela terlalu lebar untuk menghindari hal ynag tidak diinginkan terjadi. Atau ketika di depan rumah ada pekerja sapu jalan lewat depan rumah, alangkah baiknya jika mom menyiapkan beras untuk di bagi-bagi dan biarkan anak memberikan bingkisan tersebut kepada ibu tadi.

 

Ketika anak-anak  sudah senang dan cinta bersedekah, akan mudah bagi mom untuk menjelaskan dan menanamkan nilai-nilai pentingnya bersedekah di dalam agama, karena dia sudah melakukan dan merasakan sendiri nikmatnya bersedekah. Betapa Tuhan yang Maha Kaya memberi rezeki kepada semua makhluknya, bahkan semut yang kecil sekalipun. Memberi adalah sifat Mulia sang Pencipta, sungguh mulia manusia bila bisa memberi.

 

Bundanya Thyan
Kalo Thyan sdh mengerti akan saya ajarkan pelan2...
Widia Purnawita
Alhamdulillah kemarin sikecil belajar bayar zakat sendiri ke musholla dekat rumah,bawa beras sendiri ga mau dibantuin
Explore More

Makanan Pemicu Kecerdasan Anak

Article- 07 Oct 2015

Tips Mengasah Kecerdasan Emosional Anak

Tips & Trick- 12 Feb 2014

Mari menabung sejak dini

Article- 12 Mar 2012