Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Mengajarkan Anak Untuk Makan Sendiri

Salah satu aktivitas dasar yang dapat dikenalkan dan diajarkan kepada anak untuk melatih kemandiriannya adalah makan sendiri. Jadi, jika memungkinkan, kita bisa mengajarkan si kecil menyuap makanannya sendiri lebih dini. Tentunya kita harus melihat usia dan tahap perkembangan otak anak. Sejak usia 18 bulan, umumnya anak sudah bisa dikenalkan dan diajarkan tanggung jawab dan kemandirian yang sederhana seperti dengan toilet training, memakai sepatu sendiri atau makan sendiri.

Featured Story

Penyebab Prestasi Anak Menurun

 

Beberapa tanda yang menunjukkan si kecil sudah siap untuk belajar makan sendiri  seperti ketika anak bisa mengambil dan memasukan sendiri makanan ke dalam mulutnya, ketika anak bisa memilih bentuk atau rasa yang ingin dimakan, atau ketika si kecil bisa meminum dengan gelas bergagang dan mengembalikannya lagi tanpa membantingnya.

 

Berikut beberapa cara mengajarkan anak untuk makan sendiri:

 

1. Biasakan anak untuk selalu mencuci tangannya sebelum makan, lalu ajarkan anak cara memegang sendok yang benar.

 

2. Lengkapi si kecil dengan tadah liur, tisu, atau lap.

 

3. Mengajarkan bagaimana cara mengambil makanan dengan sendok, orangtua bisa memberinya contoh atau menggenggam tangan anak secara bersama-sama.

 

4. Buatlah makanan menjadi potongan-potongan kecil yang mudah diambil oleh anak serta berikan porsi makanan sedikit demi sedikit.

 

5. Biasakan anak makan di meja dan dalam posisi duduk, bukan berdiri, tiduran atau sambil berlari-lari.

 

6. Buatlah kegiatan makan tersebut menjadi hal yang menyenangkan bagi anak. 

 

7. Usahakan orangtua mengajari anaknya saat semua anggota keluarga sedang makan bersama, hal ini bisa memotivasi anak untuk bisa makan sendiri seperti yang lainnya.

 

8. Jangan terlalu memaksa si kecil. Terkadang orangtua memaksa makan pada saat si kecil tidak merasa lapar.

 

9. Jangan memarahi anak jika makannya berantakan atau berceceran dimana-mana, karena anak akan merasa takut untuk mencoba lagi.

 

10. Berikan apresiasi seperti tepuk tangan, pelukan atau pujian, jika anak berhasil makan sendiri dengan benar.

 

Kunci untuk  melakukan hal tersebut adalah kesabaran, sebagai orangtua tentunya kita harus sabar mengajarkan hal positif kepada anak. Namun ketika anak sudah berusia 7 tahun , kadang rasa malas makan sendiri atau makan dengan waktu yang lama dan lamban hingga akhirnya tidak habis, membuat Mom tidak sabar sehingga menyuapinya lagi. Agar kemandirian yang sudah di bentuk sedari dini tidak hilang, pintar-pintar menarik ulur saja. Ketika awal makan, biarkan dia makan sendiri. Dan ketika sudah mulai melambat, siapkan makanan yang akan di suap pada sendoknya sehingga dia tetap makan sendiri namum Mom hanya membantu setengah perjalanan.

Diah Pramesti
entah mgp, sulung saya udah 6 menginjak 7th...bukan krn malas makan sendiri tp piring/makanan bisa berjam2 dipelototin sj yg membuat saya kadang tdk sabar utk menyuapinya
Diah Pramesti
benar2 butuh trik jitu utk menyiasati anak malas makan
Explore More

Bantu Cegah Flu, Ajarkan Anak untuk...

Article- 05 May 2018

Jika Anak Mogok Sekolah

Article- 21 Aug 2013

Mengajarkan Anak Sopan Santun di Tempat...

Article- 09 Jan 2015