Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Mengatasi Si Kecil yg Picky Eater Menggunakan Bahasa Cinta

“Anakku sekarang senengnya makan nasi sama tahu aja dan ini sudah terjadi selama kurang lebih 6 bulan” ujar salah seorang Ibu tentang buah hatinya

Featured Story

Tips Memberikan Apresiasi

Mom pernah punya masalah yang sama gak sih ketika menghadapi si kecil yang picky eater atau si pemilih makanan? Menghadapi buah hati yang picky eater pertama-tama harus dilihat terlebih dahulu apakah ada gangguan pada otot mulut dan sensorinya.

Banyak anak menjadi picky eater karena lidahnya terlalu sensitif , jadi si kecil tidak terlalu suka ada rasa tertentu di lidahnya.  Selain itu, picky eater juga bisa disebabkan karena otot mulutnya belum berkembang sehingga proses mengunyah masih belum terlalu baik.

Nah, jika Mom sudah memeriksa hal-hal tersebut diatas dan tidak ada gangguan pada si kecil barulah kita bisa menggunakan beberapa cara berikut untuk membujuknya makan sesuai dengan apa yang kita berikan. Gimana caranya? Salah satunya adalah dengan menggabungkan penggunaan bahasa cinta utk menghadapi si Picky Eater..

1. Reward, sistem reward bisa berupa apa saja. Waktu bermain yang lebih lama, pemberian hadiah dan lain-lain. Pemberian hadiah ini bisa berkembang menjadi seperti sistem token. Setiap ia sudah 5x makan atau lebih hadiah dari Mom baru bisa diberikan. Contoh hadiah bisa seperti vitamin gummy Combi Kid yang bisa dimakan seusai makan siang atau sarapan atau makan malam, sampai dengan memberikan boneka ataupun membiarkan si kecil memilih tujuan wisata saat weekend, dsb.

2. Sentuhan fisik, disini Mom bisa mengusap lembut kepalanya sembari memberitahukan ‘sistem permainan’ ketika si kecil makan. Ataupun memeluknya ketika dia sudah menyelesaikan tugas makannya. Dengan demikian si kecil bisa merasakan betapa si kecil telah berhasil membuat Mom bangga atas apa yang dilakukannya

3. Quality time, perhatian dan waktu adalah apa yang dibutuhkan si kecil. Selain menemaninya makan, Mom juga meminta pendapatnya melalui obrolan ringan mengenai menu apa yang akan dibuat untuk makan siang. Disini Mom juga bisa menyelipkan pengetahuan mengenai vitamin apa yang terkandung di dalam makanan. Mengobrol dan meluangkan waktu untuk si kecil adalah hal yang sangat penting agar Mom bisa tahu pertumbuhannya.

4. Pelayanan, dengan menanyakan dan membuatkan si kecil makanan berupa makanan berat ataupun cemilan bisa membuat si kecil merasa dilayani dan membuatnya mengetahui bahwa Mom mencintainya.

5. Kata-kata mendukung, pujian termasuk faktor penting ketika si kecil berhasil melakukan sesuatu yang enggan dilakukannya. Berikan pujian padanya setiap ia selesai menghabiskan makanannya akan makin memberitahukan si kecil telah melakukan hal yang baik.

Mom, beberapa kasus menunjukkan bahwa ketika si kecil menjadi picky eater sedikit banyak karena peran orangtuanya juga. Jadi tidak ada salahnya jika orang tua ataupun orang-orang di rumah untuk mulai menunjukkan pola makan yang sehat untuk si kecil karena buah hati Mom secara tidak sadar akan mencontoh apa yang orang-orang di sekitarnya lakukan. Selamat mencoba :) 

Fifin Sonata
artikelnya bermakna..kupas tuntas deh\
Fifin Sonata
makasih..
Explore More

Ajarkan Anak Gunakan Kotak P3K

Article- 15 Dec 2017

Pentingnya Mengajarkan Disiplin

Article- 26 Jul 2016

Membuat Paper Phinwheel

Tips & Trick- 17 Dec 2013