Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Mengatasi Sibling Rivalry

Bagi Bagi Mom yang memiliki anak lebih dari satu, persaingan antara anak-anak untuk mendapat perhatian lebih, dikenal dengan istilah sibling rivalry, adalah hal wajar dalam keluarga. 

Featured Story

Lakukan Perubahan Dimulai Dari Diri Sendiri

 

Sumber masalah dalam sibling rivalry bisa beragam. Dari hal sepele seperti minta didahulukan, tidak mau bergiliran, atau tidak mau berbagi, sampai pertengkaran berat akibat cemburu dan iri. Sebaiknya Mom dan Dad mengambil tindakan tegas agar hal ini tidak terulang, dan anak-anak dapat mengerti masalah yang terjadi berikut solusinya.

 

Tidak memihak

Mom, berusahalah untuk tetap objektif. Minta anak untuk menjabarkan masalah yang terjadi secara bergantian. Tidak selalu kakak harus mengalah dan adik selalu dapat pemakluman. Mom mesti menilai masalah dari perspektif setiap anak, kemudian ambil jalan tengah yang adil untuk menyelesaikannya. 

 

Cari solusi, bukan menyalahkan

Apapun sumber masalahnya, tak perlu Mom sampaikan kalimat-kalimat yang menyalahkan anak. Segeralah memberi solusi. Dengan begitu anak akan belajar untuk segera memikirkan jalan keluar saat menghadapi masalah, bukan berkutat mencari objek untuk disalahkan.

 

Ajak untuk menyadari kesalahan dan saling memaafkan

Bila suasana sudah baik kembali, ajak anak-anak membahas masalah sebelumnya. Ajak anak untuk menyadari kesalahannya, segera meminta maaf, dan saling memaafkan. Ingatkan selalu ke anak-anak bahwa suasana yang damai lebih baik daripada bertengkar.

 

Kencan dengan anak

Wajar jika anak merasa cemburu karena kurang diperhatikan, misalnya karena perhatian Mom dan Dad tersita ke adik barunya atau karena kakaknya sedang bersiap ikut kompetisi. Tetap sediakan quality time untuk anak agar ia tidak merasa dinomorduakan. 

 

Misalnya, bila sehari-hari Mom banyak sibuk mengurus si adik, pilih satu hari dalam sepekan saat kakak libur sekolah untuk ‘berkencan’ dengan si kakak dan pergi nonton film. Sementara Dad di rumah juga bisa ‘berkencan’ bersama adik dan bersenang-senang bersama. Lakukan bergantian agar anak-anak merasa waktu dan perhatian dari Mom dan Dad adil untuk mereka.

Sri Puji Rahmawati
istilah baru, disimak baik-baik
Sri Puji Rahmawati
thanks very much
Explore More

Jangan Khawatir, Moms! Ini Cara agar Si...

Article- 01 Nov 2023

Kesenangan Bermain Sesuai Usia Anak

Article- 06 Dec 2016

Bahaya Minuman Bersoda Bagi Tubuh

Article- 19 Nov 2013