Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Menjelaskan Arti Menstruasi dan Mimpi Basah Kepada Anak

Tanpa terasa, gadis kecil dan anak laki-laki mom kini beranjak dewasa. Ketika payudara nya sudah semakin membesar dan dia mengalami menstruasi, itu tandanya dia butuh informasi mengenai seks yang lebih mendalam. Atau pada anak laki-laki, penisnya sudah semakin membesar, suara nya semakin membesar dan dia mengalami mimpi basah, itu tandanya dia mulai memasuki babak pertama menjadi pria dewasa.

Featured Story

Yuk, Jaga Kualitas Tidur Anak

 

Mendampingi dia melewati momen penting dalam hidupnya sebagai wanita dan pria secara bersama-sama akan memberi ketenangan dalam masa pubertas dia. Ketika dia mempunyai berbagai pertanyaan, gunakan teknologi untuk menjawab. Gunakan internet untuk mengetahui jawaban nya secara bersama-sama sehingga dia pun tidak terjebak dalam mitos dan informasi yang salah. Mungkin anak laki-laki tidak seterbuka dengan anak perempuan, disinilah perlunya dad berbicara dari secara perlahan dan saling bertukar pengalaman. Bicara guy to guy , namun jika anak terlihat tidak nyaman untuk membicarakan hal tersebut jangan dipaksakan. Dan berikut beberapa pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan oleh anak-anak Mom, dan jawaban yang bisa Mom berikan kepada mereka :

 

"Menstruasi itu apa sih Mom?"

Menstruasi berarti tubuh seorang anak perempuan Mom telah cukup matang untuk bereproduksi. Setiap bulan, salah satu indung telur akan melepaskan sel telur, yang disebut dengan ovulasi. Jika ovulasi terjadi dan sel telur telur tidak dibuahi, lapisan dinding rahim akan keluar melalui vagina, dan itulah yang disebut menstruasi. 

 

"Mengapa yang keluar darah?"

Karena sel telur tadi tidak dibuahi, maka lapisan tersebut rontok dari dindin rahim. Dan ini adalah darah yang tidak baik untuk tubuh perempuan, maka dikeluarkan oleh tubuh.

 

"Lalu aku harus ngapain, Mom?" 

Gunakan celana dalam yang berbahan nyerap keringat serta pas ukurannya, sehingga pembalut tidak bergeser-geser. Jika darah yang keluar cukup banyak, rajin-rajinlah berganti pembalut. jelaskan beragam produk yang ada di pasaran, lalu pilih bersama produk yang paling pas dan nyaman. 

 

Bagaimana kalau aku menstruasi dan harus sekolah, Mom?

Gunakan celana ketat pendek agar celana dalam tetap pada posisinya, meminimalis pergesaran pembalut untuk mencegah terjadinya kebocoran. 

Siapkan ‘menstruation pack’ di dalam tas sekolah yang berisi pembalut, pakaian dalam ganti, dan 2 buah plastik untuk membungkus pakaian dalamnya yang ternoda (1 buah) serta membungkus pembalut bekas ( plastik yang 1 lagi). 

 

"Sakit enggak Mom?"

Jika anak merasakan kram di perut bagian bawah, segera kompres perut dengan air hangat. Minum air putih yang banyak serta usahakan rileks dan beristirahat untuk meredakan rasa sakit. Jika mood anak serasa ingin emosi terus, usahakan untuk mengontrol emosi tersebut. Jangan terlalu diikuti.

 

--

"Apa itu mimpi basah?"

 

 

Mimpi basah atau dalam bahasa medis disebut emisi nokturnal adalah peristiwa alami yang dialami pria. Ketika anak mom memasuki usia 10 hingga 12 tahun, mereka memasuki masa pubertas dimana mereka memimpikan sesuatu kegiatan asik dengan wanita lalu tiba-tiba terbangun dan mendapati celana serta selimutnya basah. Kaget, bingung, takut semua ekspresi bercampur menjadi satu. “Apa aku ngompol? Tapi saya sudah besar. Malu dong kalo aku ngompol.” 

Namun jika dia sudah mengetahui informasi ini sebelumnya, reaksi anak akan lebih tenang.

Hal lain yang membuat dia bingung adalah orgasme dan mengeluarkan sperma. Sebuah pengalaman aneh tapi juga menyenangkan. Mimpi basah terjadi karena terjadi rangsangan pada alat kelamin akibat pergesekan dari kasur atau seprei atau kenangan dari pikiran seksual. Setelah anak mengenali rasa kenikmatan baru, biasanya muncul keinginan untuk masturbasi agar gairah seksual tersebut muncul kembali. Bagaimana jika mom memergoki dia sedang masturbasi atau mulai mengkoleksi gambar serta video porno? Tetaplah bersikap tenang. Masturbasi adalah bagian penting dari pengembangan tingkat kematangan seksualnya. Namun jelaskan dampak yang terjadi jika hal tersebut menjadi sebuah “kecanduan”. 

Mia Triana
makasih infonya
Werda Autisya Hasmira
makasihhh banyak info nya.....pas banget anak gadis saya skrg 10 thn mau kls 6 SD...
Explore More

6 Aktivitas Seru untuk Keluarga

Article- 06 Jan 2017

Cara Membersihkan Telinga Anak

Article- 31 Mar 2017

Lotion Antinyamuk, Amankah Untuk Anak?

Article- 05 Oct 2016