Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Menstimulasi Kecerdasan Emosional Anak

Ada beberapa anak yang sangat peka terhadap lingkungan disekitarnya, sementara anak yang lain sangat tidak perduli dengan lingkungannya, jadi sebaiknya bagaimana kita menyikapi hal ini?

Featured Story

Kado Natal dan Tahun Baru buat Si Kecil

 

Penelitian-penelitian telah membuktikan bahwa kecerdasan emosional sebaiknya mulai di kembangkan sedini mungkin karena dapat membuat anak mempunyai semangat yang tinggi dalam belajar atau disukai teman-temannya di arena bermain.

 

Menurut Lawrence E. Shapiro kecerdasan emosional sebagai bagian dari kecerdasan sosial yang melibatkan kemampuan memantau perasaan dan emosi baik pada diri sendiri maupun pada orang lain, memilah-milah semuanya dan menggunakan informasi untuk membimbing pikiran dan tindakan.

 

Dengan memiliki kecerdasan emosional sedini mungkin dapat membantu seseorang memasuki dunia kerja atau ketika berkeluarga kelak. Selain itu, kecerdasan emosional juga memegang peranan penting dalam hubungan kita dengan orang lain juga dengan sang pencipta, sehingga anak-anak kita mampu menghargai dirinya, orang lain dan terutama yang menciptakan-Nya.

 

Anak-anak usia prasekolah dapat dengan mudah kita stimulasi kecerdasan emosionalnya dengan secara langsung memberikan contoh dalam kehidupan sehari-hari, karena didalam kecerdasan emosional ada beberapa faktor yg berhubungan dengan kehidupan sehari hari, yaitu empati, mengungkapkan dan memahami perasaan, mengendalikan amarah, kemandirian, kemampuan menyesuaikan diri, disukai, kemampuan memecahkan masalah antarpribadi, ketekunan, kesetiakawanan, keramahan dan sikap hormat.

 

Pada suatu ketika mungkin anak-anak akan dihadapkan atau menyaksikan dari televisi kejadian yang kurang menyenangkan seperti terjadinya musibah banjir atau gunung meletus, Mom bisa  mengajak anak-anak untuk membantu mereka yang terkena musibah dengan mengumpulkan baju bekas layak pakai mereka untuk  disumbangkan. Bagi anak usia sekolah dasar, hal ini akan menstimulus empati mereka agar ada rasa berbagi untuk yang terkena musibah. Hal tersebut akan terekam di memori otak mereka sehingga akan timbul rasa kesetiakawanan dan keramahan terhadap orang lain. Itu adalah salah satu cara menstimulus kecerdasan anak. Masih banyak lagi cara sederhana yang bisa kita gunakan untuk dapat merangsang kecerdasan emosional anak.

 

Vonny Kurniati
Penting sekali yaa utk merangsang kecerdasan emosional anak.
Maria Ulfa
thq infonya
Explore More

Mengajak Anak Wisata Kuliner

Article- 08 Jun 2015

Menangani Radang Tenggorokan pada Anak

Article- 23 Dec 2016

Belajar Sambil Bermain Sesuai Umur Anak

Tips & Trick- 13 Apr 2015