Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita

Menyiapkan Anak Masuk Sekolah

 

Featured Story

Bantu Anak Meraih Resolusinya

Mom, untuk bisa bersekolah dengan baik, tidak hanya kesiapan kognitif yang dibutuhkan, tetapi juga berbagai faktor lain yang harus Mom pertimbangkan, seperti: fisik, mental, dan sosial. Untuk memastikan kesiapan anak belajar di sekolah, Mom bisa membantunya mempersiapkan diri agar bisa bersekolah dengan lancar.

 

 

 

1. Bermain bersama teman

 

Undang beberapa orang teman anak untuk bermain di rumah, usahakan jumlahnya lebih dari dua. Biarkan mereka bermain bersama pendampingan. Jadikan kegiatan ini sebagai sesuatu yang rutin, sehingga anak terbiasa bermain bersama sebayanya.

 

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk melatih kemampuan sosial anak, belajar berbagi, dan membangun sikap baik terhadap orang lain.

 

 

 

2. Mulai mendapat tugas dan tanggung jawab

 

Agar siap bersekolah, Mom bisa mulai mengajarkan anak tentang tugas dan tanggung jawab. Hal ini bisa dimulai dari hal kecil, seperti membereskan sendiri mainannya atau selalu membuang sampah di tempatnya. Sediakan tempat khusus bagi anak untuk menyimpan mainannya agar ia tidak bingung. Jangan lupa juga memberi pujian setiap ia berhasil menyelesaikan tugasnya.

 

Kegiatan ini bertujuan untuk mengajarkan anak rasa tanggung jawab dan melatih kemandiriannya, juga belajar mengikuti instruksi, menjaga kebersihan dan kerapian.

 

 

 

3. Membuat jadwal

 

Untuk melatih disiplin dan keteraturan, Mom bisa membuat jadwal yang lebih jelas dan tersusun, lalu tulis dengan cara yang menarik dan tempel di tempat yang mudah dilihat anak. Walaupun anak belum bisa membaca, ia tetap bisa melihat jadwalnya dengan jelas. Jangan lupa untuk menyelipkan jadwal bermain ‘sekolah-sekolahan’ dalam jadwal hariannya, sebagai simulasi belajar dan bermain di ruang kelas. 

 

 

 

4. Membaca dan menggambar

 

Untuk melatih anak berkonsentrasi dan menyimak, Mom sudah mulai bisa membacakan anak buku cerita bergambar dengan jalan cerita yang lebih panjang. Pilih cerita yang sesuai dengan ketertarikan anak, misalnya tentang bajak laut, peri, naga, dan dongeng lainnya. Jadikan kebiasaan membaca bersama ini menjadi rutinitas harian. Begitu pula dengan menggambar. Anak tidak harus menggambar sesuatu secara khusus, cukup sekedar mencorat-coret dan membiasakan tangannya memegang krayon untuk sekaligus melatih motorik halusnya. 

 

 

 

5. Makan dan ke toilet sendiri

 

Saat di sekolah nanti, anak harus bisa menggunakan peralatan makan sendiri saat tiba waktu makan, juga membasuh dirinya sendiri saat ke toilet. Karenanya penting untuk Mom memastikan anak sudah menguasai kedua hal ini sebelum masuk sekolah. 

 

Ajari anak cara menggunakan sendok dan garpu yang benar, belajar mengunyah dengan perlahan, dan menghabiskan makanan. Selain itu, ajari juga anak mengantri saat ingin ke toilet, ingatkan anak bahwa dia tidak boleh menggedor-gedor pintu secara kasar, namun harus sabar menunggu giliran. Hal ini akan mengajarkan anak cara berbagi dan memahami bahwa fasilitas yang ada harus digunakan bersama-sama.

Sri Utami Saroh
kalau mau masuk sekolah bukan hanya peralatan skeolah ayng dipersiapkan, mental dan kebiasaan si kecil juga harus dipersiapkan dengan baik
Sri Utami Saroh
nice artikel
Explore More

Ide Kreatif Membuat Mainan Anak Dari...

Tips & Trick- 06 Dec 2016

Peran Orangtua Dalam Mengembangkan...

Article- 21 Jul 2014

Kegiatan Seru Dan Sehat Bersama Anak

Article- 19 Nov 2013